Fakta Kucing
0

Mengapa Warna Bulu Kucing Dapat Berubah?

Mengapa Warna Bulu Kucing Dapat Berubah?

Apakah cat lovers pernah menemukan kucing yang tadinya berwarna hitam legam berubah menjadi kemerahan dan bulunya semakin terang? Atau titik hitam pada kucing siam kesayangan semakin meluas?

Berikut ini empat alasan mengapa warna bulu kucing dapat berubah.

Temperature atau suhu udara

Pada kucing Siamese, Himalayan dan kucing ras oriental lainnya, warna bulu ditentukan oleh suhu kulit mereka. Bulu pada bagian tubuh yang bersuhu lebih dingin seperti kaki, ekor, telinga, hidung dan muka menjadi lebih gelap. Sedangkan tubuhnya berwarna putih atau krem.

Tetapi faktor suhu kulit bukan satu-satunya penyebab. Suhu lingkungan tempat tinggal juga dapat mempengaruhi perubahan warna bulu kucing. Beberapa jenis kucing terlihat berbulu lebih gelap saat musim dingin.

‘Darker point’ atau area gelap pada kucing Siam juga akan semakin meluas seiring bertambahnya umur.

Kucing Siam. Image : Pixabay

Kucing Siam. Image : Pixabay

Sinar matahari

Boleh percaya boleh tidak, kucing hitam dapat memudar warna bulu hitamnya jika sering berjemur di bawah sinar matahari.

Kucing yang sering menghabiskan waktu di luar dan terkena sinar matahari maka perlahan warna bulunya akan lebih terang daripada sebelumnya.

Kucng senang berjemur. Image : Pixabay

Kucing senang berjemur. Image : Pixabay

Umur

Semakin bertambah tua, warna bulu kucing juga akan berubah. Sama halnya dengan manusia yang beruban dan rambutnya menjadi abu-abu saat tua.

Namun pada kucing Siam dan ras oriental lain, yang terjadi justru sebaliknya. Semakin tua, area hitam di tubuhnya malah semakin lebar. Kitten Siam terlahir dengan bulu dominan warna putih atau krem dan mengembangkan titik gelap tubuhnya setelah di luar perut induknya.

Semua tua bulu kucing semakin memudar. Image : Pixabay

Semua tua bulu kucing semakin memudar. Image : Pixabay

Nutrisi

Kekurangan diet asam amino tirosin dapat menyebabkan warna bulu kucing hitam berubah menjadi kemerah-merahan. Tirosin diperlukan untuk membuat melanin, pigmen gelap di bulu kucing. Masalah gizi lain seperti defisiensi tembaga dan seng berlebihan juga dapat menyebabkan bulu hitam menjadi pudar.

Berikan diet yang sesuai dengan kebutuhan kucing kesayangan cat lovers. Konsultasikan dengan dokter hewan jika perubahan warna bulu diluar batas wajar. Perubahan esktrim warna bulu bisa menjadi petunjuk adanya penyakit di ginjal, hati atau tiroid.

Semogaa bermanfaat. Meoow!

 

Source : Catster http://bit.ly/1VKUuQl

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *