Tips and Tricks
0

Tips Sebelum Memutuskan Memiliki Hewan Peliharaan

Tips Sebelum Memutuskan Memiliki Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan bukanlah sekedar untuk gaya-gayaan. Karena kita membawa satu nyawa lagi ke dalam rumah kita. Itu artinya kita harus merawatnya sebaik mungkin dan menjadikannya sebagai anggota keluarga.

Berikut tips sederhana sebelum memutuskan membawa pulang anak kaki empat.

Komitmen seumur hidup 

Anjing dan kucing yang kita bawa masuk ke rumah sepenuhnya tergantung pada kita. Mereka hidup bersama manusia dan beradaptasi sedemikian rupa hingga akan kesulitan mengembangkan kemampuan bertahan hidup di alam bebas lagi.

Maka menjaga mereka seumur hidupnya menjadi komitmen pertama yang harus dimiliki oleh seorang pemilik hewan peliharaan. Jika pun harus berpisah atau berpindah tempat, usahakan kehidupan mereka nantinya akan baik-baik saja.

Punya waktu untuk mereka

Merawat hewan peliharaan tak hanya urusan makanan, tapi kita juga harus menyediakan waktu untuk bermain dan memperhatikan mereka. Hewan yang kurang perhatian akan lebih mudah sakit dan depresi. Apalagi untuk anjing dan kucing, karena dua hewan ini mampu menjalin ikatan emosional yang kuat dengan manusia.

Biaya perawatan

Memang hewan peliharaan akan menerima apapun yang diberikan oleh ownernya. Tapi setidaknya berikan makanan yang baik dan bergizi untuknya. Sediakan tempat yang bersih dan cukup nyaman.  Anda harus siap dengan biaya kesehatannya sewaktu-waktu dia sakit.

Dukungan keluarga 

Dukungan dari anggota keluarga terhadap keberadaan hewan yang kita pelihara sangatlah penting. Merekalah orang pertama yang akan senang hati menerima kehadiran anak kaki empat atau justru malah tidak terima. Buatlah kesepakatan bersama supaya hewan peliharaan aman dan nyaman tinggal di rumah kita.

Melindungi sepenuh hati

Bisa jadi tidak semua orang akan menyukai anjing atau kucing kesayangan kita, bahkan mungkin merasa terganggu. Selalu waspada dan berhati-hati. Negosiasi dan kerja sama jauh lebih baik daripada berkonflik dengan tetangga, misalnya. Namun kita juga harus tegas bersikap dalam melindungi para hewan. Lakukan berbagai upaya kreatif supaya hewan peliharaan aman di dalam wilayah teritori kita.

Selamat menjadi pawrents! Meoow.

 

(Image : Pixabay)

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *