kesehatan
0

Tips Membersihkan Telinga Kucing

Tips Membersihkan Telinga Kucing

Kucing yang rajin merawat diri memiliki telinga yang bersih dan berwarna merah muda. Pada telinga kucing yang sehat hanya terdapat sedikit kotoran dan tidak berbau. Pemilik kucing tidak perlu terlalu sering membersihkannya. Tapi jika telinga kucing terlihat kotor dan berbau maka perlu segera dibersihkan supaya tidak menjadi sarang penyakit seperti kutu dan tungau.

Namun tidak semua kucing senang saat telinganya dibersihkan. Sebagian akan berontak dan mencakar. Berikut ini tips mudah membersihkan telinga kucing.

Bersihkan telinga saat kucing dalam keadaan santai atau mengantuk

Kucing yang sedang bersantai atau mengantuk akan senang-senang saja saat telinganya dibersihkan. Buatlah kucing merasa santai dengan membelai bulu-bulunya sebelum telinganya dibersihkan.

Jika Anda merasa kesulitan membersikan telinga kucing sendirian, maka dapat meminta bantuan orang lain untuk memegang si manis.

Jika kucing tetap berontak, Anda dapat menggunakan kain tebal atau handuk untuk membungkus tubuhnya supaya cakarnya yang tajam tidak melukai Anda.

Apabila kucing tetap menolak dan tidak mau dibersihkan, maka berhentilah. Cari waktu lain saat kucing merasa lebih nyaman dan santai.

Gunakan cairan pembersih telinga

Cat lovers dapat membeli cairan pembersih telinga yang mengandung sedikit zat kimia dan cepat kering. Cairan pembersih telinga ini biasa dijual di petshop atau tempat praktek dokter hewan.

Jika tidak ada cairan pembersih telinga, Anda dapat menggunakan minyak zaitun dengan cara meneteskannya pada kapas sebelum digunakan.

Jangan gunakan air karena air yang mengendap justru akan menyebabkan tumbuhnya jamur di telinga.

Gunakan dosis yang tepat 

Untuk membersihkan telinga kucing yang kotor, biasanya hanya diperlukan beberapa tetes cairan pembersih. Balikkan daun telinga dengan lebut dan teteskan beberapa tetes cairan disisi dalam daun telinga (jangan teteskan ke lubang dalam telinga).

Pijat pangkal telinga sekitar 20-45 detik agar pembersihnya bekerja.

Angkat kotoran menggunakan tisu atau kapas bersih.

Berhati-hati menggunakan cutton bud 

Jika ingin membersihkan kotoran di bagian dalam, sebaiknya gunakan kain kassa atau tisu yang mampu menyerap kotoran. Berhati-hatilah jika menggunakan cutton bud.

Jangan mendoron kotorang terlalu dalam karena bisa berakibat kotoran justru menumpuk.

Selain itu membersihkan kotorang terlalau dalam bisa merusak lapisan tipis di lubang telinga, bahkan bisa merusak gendang telinga.

Biarkan kucing menggoyang-goyangkan kepala setelah dibersihkan

Setelah telinganya selesai dibersihkan, kucing akan menggoyang-goyangkan kepalanya untuk mengeluarkan sisa-sisa kotoran yang tertinggal.

Berikan belaian dan pelukan sayang pada si meong sebagai ucapan terimakasih atas kerjasamanya.

Jika cat lovers masih bingung bagaimana caranya membersihkan telinga kucing,  video berikut ini semoga bisa membantu.

Selamat mencoba! Meooow.

Baca juga :

Tips Membuat Kunjungan ke Dokter Hewan Jadi Menyenangkan http://meowmagz.com/2016/05/tips-membuat-kunjungan-ke-dokter-hewan-jadi-menyenangkan/

Begini Cara Menurunkan Kucing dari Pohon http://meowmagz.com/2016/05/begini-cara-menurunkan-kucing-dari-pohon/

Ketuk Kap Mobil Sebelum Jalan, Ada Mobil Tidak? http://meowmagz.com/2016/02/ketuk-kap-mobil-sebelum-jalan-ada-kucing-tidak/

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *