Fakta Kucing
2

7 Hal yang Harus Dilakukan Saat Kucing Peliharaan Cedera

7 Hal yang Harus Dilakukan Saat Kucing Peliharaan Cedera

Mengetahui kucing kesayangan tiba-tiba cedera atau terluka tentu membuat pemiliknya khawatir dan kebingungan. Tak sedikit juga yang ketakutan. Pertolongan pertama apa yang bisa diberikan pada si manis sebelum dibawa ke dokter hewan?

Berikut ini beberapa langkah cepat dan tepat yang bisa dilakukan oleh pemilik untuk menyelamatkan kucingnya.

Berhati-hatilah jaangan sampai terkena gigitan dan cakaran

Kucing yang cedera cenderung berperilaku agresif. Rasa sakit yang dirasakan membuat mereka berusaha berontak dan melawan. Pindahkan kucing ke tempat yang aman atau segera masukkan dalam kandangnya.

Pergunakan alat pelindung/penutup luka sementara

Luka pada tubuh membuat kucing ingin menggigit atau mencakar dirinya sendiri. Anda bisa menggunakan e-collar atau baju khusus pet supaya kucing tidak membuat lukanya bertambah parah.

Periksa bagian tubuh yang sakit

Ada kalanya kucing menderita luka dalam yang tak terlihat. Raba dan periksa semua bagian tubuhnya, seperti perut, tangan, kaki, atau punggung. Jika kucing terlihat kesakitan, maka kemungkinan dia cedera di bagian tersebut.

Hentikan pendarahan

Jika kucing tertabrak atau terluka hingga mengeluarkan darah, hal pertama yang harus dilakukan adalah hentikan pendarahan. Anda bisa menggunakan kain perban untuk mengikat lukanya.

Kenali tanda-tanda kucing sakit

Beberapa kucing menunjukkan rasa sakitnya dengan banyak mengeong, namun sebaliknya ada juga yang justru bersembunyi. Jika kucing bertingkah tidak seperti biasanya, sebaiknya segera cek dan periksa kondisinya.

Sedia peralatan P3K 

Sama seperti manusia, kucing juga memerlukan pertolongan segera jika terluka. Kotak P3K yang berisi peralatan medis ringan sangat dibutuhkan untuk pertolongan pertama.

Jalin hubungan yang baik dengan klinik/Vet

Anda tentu tidak mau mempertaruhkan nyawa kucing kesayangan dengan membuang waktu mencari  rekomendasi Vet atau klinik. Jalinlah hubungan baik dengan Vet dan klinik hewan yang berada di dekat tempat tinggal Anda. Kepercayaan pada Vet yang Anda kenal baik sangat membantu. Saat terjadi kasus emergency pastikan Anda bisa menghubunginya kapan saja.

 

Baca juga :

Bagaimana Kucing Menunjukkan Rasa Sakitnya http://meowmagz.com/2015/02/bagaimana-kucing-menunjukkan-rasa-sakitnya/

12 Tips Merawat Kucing Sakit Flu http://meowmagz.com/2015/11/12-tips-merawat-kucing-sakit-flu/

Tips Membuat Kunjungan ke Dokter Hewan Jadi Menyenangkan http://meowmagz.com/2016/05/tips-membuat-kunjungan-ke-dokter-hewan-jadi-menyenangkan/

 

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 2 komentar

  • Miasya says:

    Terima kasih infonya, sebagai pecinta kucing saya sangat terbantu dengan adanya web ini,,

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *