Lifestyle
0

Apakah Kucing Liar Harus Diberi Makan?

Apakah Kucing Liar Harus Diberi Makan?

Jika ada yang bertanya, apakah kucing liar yang ada di sekitar kita harus diberi makan? Jawabannya adalah ya, tentu saja.

Sejak kucing menjadi hewan peliharaan manusia, hanya sedikit kucing yang dapat bertahan hidup sendiri di luar tanpa campur tangan manusia. Sedihnya, makanan terakhir hanya bisa mereka dapat dari tempat-tempat sampah.

Banyak orang enggan memberi makan kucing liar dengan berbagai alasan. Ada yang takut kucing akan menularkan penyakit atau khawatir justru populasi kucing akan semakin berkembang biak jika diberi makan. Mereka beranggapan jika kucing tidak diberi makan maka dapat mengurangi kucing liar. Apakah itu benar? Salah besar!

Kenyataan yang terjadi justru lebih menyedihkan. Bahkan kucing yang kelaparan akan tetap berkembang biak menghasilkan anak-anak yang kurus, penyakitan dan kelaparan.

Perlu diingat, bukan kesalahan dan kemauan dari kucing untuk hidup di jalanan. Para kucing yang terlantar ini adalah kucing yang dibuang oleh pemiliknya dengan banyak alasan.

Saat ini meski sebagian besar orang yang enggan memberi makan kucing liar, namun tak sedikit yang mulai tergerak menyediakan makanan bagi hewan cerdas ini.

Yang sering jadi masalah, cat lover biasa menyediakan makanan untuk kucing liar di depan rumah mereka namun para tetangga merasa terganggu, atau memang pada dasarnya tidak suka kucing.

Sudah cukup sering terjadi akhirnya para kucing terlantar yang sudah dirawat baik-baik terpaksa diangkut oleh dinas terkait setelah dilaporkan warga karena dianggap hama dan mengotori lingkungan. Padahal banyak cara yang lebih beradab untuk mengatasi persoalan bersama ini.

Populasi kucing sesungguhnya dapat dikendalikan dengan program TNR (Trap Neuter Return), maka jangan khawatir kucing akan semakin banyak dan menjadi hama.

Bagaimana cara memberikan makanan yang baik untuk kucing liar? Saatnya masyarakat mengenal Botcats.

Botcats adalah vending machine unik yang nantinya akan menukar sampah botol plastik dengan makanan kucing. Salah satu inovasi yang dibuat oleh Planbots Indonesia ini bisa menjadi solusi untuk pengelolaan sampah plastik sekaligus menyediakan makanan layak bagi para kucing jalanan. Menarik bukan?

Botcats dapat ditempatkan di dekat kantin atau tempat-tempat umum dimana banyak kucing berkeliaran. Bayangkan lingkungan yang bersih tanpa botol plastik berserakan dan kucing-kucing yang sehat menggemaskan.

Asalkan kucing kenyang, semua pasti senang. Meow!

 

Baca juga :

Botcats Indonesia, Yang Muda Yang Berkarya dan Peduli Lingkungan http://meowmagz.com/2016/06/botcats-indonesia-yang-muda-yang-berkarya-dan-peduli-lingkungan/

Cara Membantu Kucing Liar http://meowmagz.com/2015/03/cara-membantu-kucing-liar/

Sekelompok Cat Lover Ini Memberi Makan 100 Lebih Kucing Liar Setiap Malam http://meowmagz.com/2015/12/kelompok-cat-lover-ini-memberi-makan-100-kucing-liar-setiap-malam/

 

 

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *