kesehatan
1

Cara Merawat Kucing yang Sudah Tua

Cara Merawat Kucing yang Sudah Tua

Hewan peliharaan bukan hanya teman, melainkan bagian dari keluarga. Maka pemilik wajib menjaganya sepanjang hayat. Semakin tua umur kucing, mengetahui bagaimana cara merawatnya akan membuat kucing tetap sehat dan bahagia di hari tuanya.

Meski setiap hewan peliharaan berbeda dan unik, akan tetapi pada umumnya kucing mencapai usia dewasa saat berumur 7 tahun dan masuk masa lanjut usia di umur 11 tahun.

Salah satu tanda paling umum yang menunjukkanj jika kucing masuk usia ‘senja’ adalah berkurangnya aktivitas fisik. Seperti contoh, mereka malas bermain lagi dan hanya mau makan sedikit. Namun, terkadang hal itu tergantung pada nutrisi makanan, jenis ras dan lingkungan tempat kucing tinggal. Karena ada juga kucing yang sudah cukup tua namun masih aktif dan lincah.

Selain penurunan aktivitas fisik, kucing yang lebih tua cenderung lebih sering menderita berbagai penyakit. Penyakit kronis seperti jantung, ginjal serta kanker merupakan penyakit yang umum diderita. Kunjungan rutin ke dokter hewan setiap 6 bulan sekali dapat membantu melihat perubahan yang terjadi pada kucing dan mencegah timbulnya masalah yang lebih serius.

Kucing yang sudah tua juga rentan terhadap penyakit arthritis, penyakit gigi, kehilangan penglihatan dan pendengaran serta penurunan mobilitas. Meskipun terjadi perubahan dalam mobilitas dan aktivitas fisik, penting untuk menjaga kucing tetap aktif untuk memperlambat perkembangan nyeri sendi dan arthritis.

Selain itu, diet sehat yang memadai juga penting dalam mengurangi risiko hewan peliharaan Anda untuk obesitas, yang juga dapat berkontribusi untuk nyeri sendi.

Aspek yang paling penting dalam membantu hewan peliharaan Anda tetap bahagia dan sehat selama mungkin adalah menjaga berat badan yang sehat sepanjang hidup mereka. Berat badan yang sehat harus dibarengi dengan olahraga dan kegiatan rutin.

Jadi sama seperti manusia, kucing yang sudah tua mungkin perlu lebih banyak bantuan dari pemiliknya supaya tetap hidup sehat dan bahagia selama mungkin. Meoow!

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 1 komentar

  • Cintarasul says:

    Kebetulan kucing saya sudah tua nih gan, nice artikel 🙂

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *