Fakta Kucing
0

Ingin Mengganti Makanan Kucing? Begini Caranya …

Ingin Mengganti Makanan Kucing? Begini Caranya …

Manusia bisa memakan apapun yang diinginkan, berbeda dengan kucing yang jenis makanannya terbatas. Makanan kucing tak banyak jenisnya. Maka mengganti makanan kucing kadang jadi hal yang cukup merepotkan.

Kenapa makanan kucing harus diganti? Dalam banyak kasus, kucing yang sudah bertambah tua dan menderita penyakit tertentu mengharuskan kucing untuk mengganti makanannya dengan makanan khusus.

Perlu diketahui, kandungan gizi makanan yang dipilih sangat berpengaruh pada kesehatan kucing. Jika bulu kucing rontok, menderita diare, terlalu kurus atau terlalu gendut, kemungkinan semua itu disebabkan oleh makanannya.

Saat menentukan jenis makanan yang baru, pastikan kandungan nutrisinya cukup dan tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan kucing. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan atau ahli gizi makanan hewan.

Masa transisi penggantian makanan tergantung dari kebiasaan dan karakter kucing. Ada kucing yang mudah menerima makanan baru, mereka tak pilih-pilih dan mau memakan apa saja. Namun ada juga kucing yang sangat pemilih, bahkan mogok makan ketika disodori makanan baru.

Lakukan pemberian makanan baru secara bertahap. Caranya, tambahkan sedikit porsi makanan baru pada makanan lama. Kemudian tambahkan porsi makanan baru dan kurangi makanan lama dari hari ke hari. Dalam 10 hari, biasanya kucing sudah bisa menerima makanan baru secara keseluruhan.

Makanan kucing seringkali memberikan panduan bagaimana cara mengganti makanan. Ikuti petunjukanya, karena makanan khusus itu dibuat berdasarkan umur, ras dan tingkat aktivitas kucing.

Jika kucing kesayangan Anda termasuk yang susah beradaptasi dengan makanan baru, maka perpanjang waktu transisi makanan dan gunakan trik-trik lain yang bisa diterima kucing. Masing-masing kucing memang unik, maka kebutuhannya pun terkadang berbeda satu sama lain. Selamat mencoba! Meoow.

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *