kebersihan
0

Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Kucing

Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Kucing

Tahukah Anda? Sekitar 80% kucing peliharaan menunjukkan tanda mengalami penyakit periodental, seperti gusi merah dan bengkak, bau mulut, sakit gigi hingga gigi tanggal.

Jika tidak diobati, penyakit periodental dapat berkembang menjadi plak, resesi gusi, gigi longgar, radang, pendarahan pada gusi hingga infeksi mulut. Pada akhirnya penyakit gigi dapat menyebabkan penurunan kesehatan kucing secara keseluruhan. Sebabnya adalah kucing malas makan atau kesulitan mengunyah makanan saat giginya sakit.

Tanda pertama yang menandakan kesehatan mulut kucing terganggu adalah bau mulut yang busuk. Kucing yang mulutnya sehat dan yang sakit jelas sekali perbedaannya.

Merawat kesehatan gigi kucing sangat penting bagi kesehatan jangka panjangnya. Pemilik kucing dapat memberikan perawatan sederhana yang mudah dilakukan sendiri. Pemeriksaan gigi ke dokter hewan secara rutin minimal setahun sekali akan membuat gigi kucing semakin sehat.

Berikut 4 langkah sederhana untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut kucing.

1. Menyikat gigi

Hal yang paling efektif untuk membersihkan gigi adalah dengan menyikatnya langsung. Gunakan sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk kucing. Jangan pernah menggunakan pasta gigi manusia! Formula pasta gigi kucing berbeda dengan pasta gigi untuk manusia.

Jika dirasa cukup sulit dan repot menggunakan sikat gigi, Pawrents dapat menggunakan kain kasa yang dililitkan pada jari kemudian dioles pasta gigi, aplikasikan untuk menggosok gigi dan sekitar gusi.

Kadang memang perlu waktu untuk membiasakan menyikat gigi kucing. Mulailah dengan mengenalkan rasa pasta gigi dan membiarkan kucing menjilatinya seperti snack, sembari ratakan pada permukaan gigi dan gusi. Pasta gigi khusus kucing tetap bekerja membersihkan mulut meski belum digunakan untuk menyikat secara sempurna.

2. Berkumur

Berkumur pada kucing tentu berbeda dengan manusia. Kucing tidak bisa berkumur sendiri, maka menggunakan media air minumnya menjadi cara yang efektif.

3. Diet
Diet produk makanan kucing penting untuk menjaga kesehatan giginya. Banyak yang berpendapat jika rawfood dapat membantu menjaga mulut kucing tetap sehat. Makanan mentah membuat kucing lebih banyak mengunyah sambil membersihkan gigi. Rawfood alami juga tidak lengket dan tertinggal di gigi yang berakibat timbulnya karang gigi.

Ada juga produk dried food yang diklaim bisa membersihkan gigi, Pawrents bisa berkonsultasi dengan Vet atau ahli gizi untuk mencari makanan diet yang tepat.

4. Lakukan rutin
Sama seperti merawat gigi manusia yang dilakukan setiap hari, merawat gigi kucing juga harus dilakukan secara rutin. Bedanya, Pawrents cukup mengosok gigi kucing minimal 3-4 kali saja dalam setiap minggu. Hal ini karena karang gigi dapat berkembang dalam waktu 48 jam.

Ayo jaga kesehatan gigi dan mulut kucing mulai dari sekarang.

Berikut Video lucu kucing yang sedang dibersihkan giginya. Meoow!

 

Baca juga :

Tips Membersihkan Telinga Kucing http://meowmagz.com/2016/06/tips-membersihkan-telinga-kucing/

Apakah Anak Kucing Boleh Minum Susu Sapi? http://meowmagz.com/2016/03/apakah-anak-kucing-boleh-minum-susu-sapi/

Kucing Perlu Mandi atau Tidak? http://meowmagz.com/2016/02/sebenarnya-kucing-perlu-mandi-atau-tidak/

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *