Fakta Kucing
0

Mengapa Kucing Menyukai Tempat-Tempat Hangat?

Mengapa Kucing Menyukai Tempat-Tempat Hangat?

Pecinta kucing tentu sangat paham, kucing membutuhkan pelayanan istimewa bak raja. Mereka menyukai tempat tidur yang hangat, empuk dan bersih. Meski sudah memiliki catbed, tak jarang mereka masih mengincar ranjang tidur pemiliknya.

Demikian juga dengan urusan tempat ‘hangout’. Kucing senang berdekatan dengan barang-barang yang hangat seperti pemanas ruangan, rice cooker, kulkas, hingga kompor yang menyala. Dan tentu saja, pangkuan pemiliknya menjadi tempat paling favorit.

Mengapa kucing sangat menyenangi tempat hangat padahal bulu mereka sudah tebal?

Alasan kucing suka bergelung sudah berakar sejak ribuan tahun evolusi mereka. Sebagai keturunan kucing gurun kuno, kucing domestik terprogram untuk berkembang di iklim yang hangat.

Suhu tubuh kucing rata-rata 102 derajat Fahrenheit. Kucing yang tinggal di daerah dingin harus mengimbangi sensitivitas tubuh mereka, bulu mereka akan lebih panjang dan tebal supaya tubuhnya tetap hangat.

Bagi kucing yang memiliki bulu pendek atau tanpa bulu, mereka mengandalkan sumber panas eksternal untuk menghangatkan tubuhnya, termasuk tubuh manusia.

Jadi, jika Anda menemukan kucing kesayangan selalu tidur di ujung kaki atau bahkan di atas perut, pahamilah itu memang salah satu metode kucing beradaptasi di lingkungan manusia.

Benar kucing tak bisa jauh dari manusia, sering minta dipangku dan bergelung manja setiap waktu, itu adalah cara kucing mendapatkan sumber panas yang efektif untuk menghangatkan tubuhnya. Pintar ya?

Manusia pun sebenarnya diuntungkan. Gelombang dengkuran kucing ditambah dengan tingkahnya yang lucu menggemaskan mampu menurunkan tingkat stres dan membuat bahagia. Simbiosis mutualisme, mengapa tidak? Meoow.

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *