Fakta Kucing
0

Mengapa Kucing Sangat Menyukai Sepatu dan Kaos Kaki Pemiliknya?

Mengapa Kucing Sangat Menyukai Sepatu dan Kaos Kaki Pemiliknya?

Selain kardus, ternyata ada benda-benda lain di rumah yang disukai oleh kucing. Beberapa diantaranya adalah sepatu atau sandal, kaos kaki, dan baju bekas pakai pemiliknya.

Sebagian kucing senang mengunyah, menghisap, atau menggosokkan wajah mereka di sepatu, baju ‘bau’, bahkan kaki telanjang pemiliknya. Mengapa kucing begitu terobsesi dengan benda-benda itu?

Mengunyah sepatu atau kaus kaki mungkin merupakan bentuk lain dari perilaku kucing yang suka mengisap kain. Biasanya mereka adalah kucing yang dipisahkan dari induknya terlalu dini. Namun, ada banyak kucing lain yang melakukan kegiatan itu sebagai hobi.

Adakah teori yang bisa menjelaskannya?

Aroma tubuh manusia sangat terkonsentrasi di kaki, sebagai perpanjangannya, sepatu dan kaos kaki yang telah dipakai akan memiliki aroma yang sama. Kucing menyenangi aroma ini karena berefek menenangkan bagi kucing. Mirip halnya dengan catnip.

Sepatu dan kaki telanjang menangkap aroma dari tanah dan tempat-tempat bekas perjalanan. Pemilik membawa pulang berbagai bau menarik yang seolah menceritakan pada kucing dari mana mereka bepergian dan apa saja yang mereka temui sepanjang jalan.

Karena aroma-aroma itu berbeda dengan bau tubuhnya, kucing berusaha menandai benda-benda tersebut sebagai miliknya kembali. Mereka menggosokan wajahnya pada sepatu, kaos kaki dan baju untuk menutupi aroma asing itu. Kucing memilik kelenjar bau di pipi dan dahinya.

Kucing bereaksi terhadap feromon manusia yang keluar lewat keringat, seperti halnya mereka bereaksi terhadap aroma kuat dari catnip. Meskipun feromon terutama terkait dengan kelenjar apokrin, tapi dapat ditemukan di area tubuh lain seperti ketiak dan alat kelamin, serta bagian tubuh yang lembab seperti mulut dan kaki. (Kohl,2001).

Kemungkinan lain adalah kucing ingin mencicipi rasa garam dari alas kaki atau kaki yang berkeringat. Wah, kalo tujuannya ini sebaiknya jangan diteruskan ya, Meong! Bisa-bisa mabuk keringat.

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *