kesehatan
0

Tips Ampuh Menangani Jerawat Kucing

Tips Ampuh Menangani Jerawat Kucing

Tahukah Anda? Kucing juga bisa menderita jerawatan di wajahnya. Jerawat (komedo) kucing berbentuk bintik-bintik berukuran kecil, keras dan berwarna hitam. Biasanya jerawat kucing berada di dagu, bisa juga di bagian lain wajah.

Jerawat ini terbuat dari materi yang lunak (sebaceous) yang terjebak di folikel rambut, kemudian menyebabkan folikel membengkak dan menonjol lalu timbul ke permukaan kulit.

Mengapa kucing bisa menderita jerawat? Belum diketahui pasti apa yang menyebabkan seekor kucing berjerawat, namun dapat diketahui beberapa faktor pemicunya. Antara lain berkurangnya frekuensi perawatan bulu, usia tua, dan melemahnya sistem imunitas.

Umumnya jerawat pada kucing tidak berbahaya, namun akan terasa menyakitkan bagi kucing jika ada bakteri yang mulai menginfeksinya. Kucing akan menggaruk bagian yang terinfeksi, akibatnya kulit pun terluka. Jangan biarkan luka semakin melebar, obati segera supaya tidak menimbulkan dampak yang serius.

Lalu, bagaimana cara menangani jerawat kucing? Berikut tips yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik kucing.

Bersihkan bintik jerawat yang tidak terinfeksi

Basahi kapas dengan alkohol dan seka bagian dagu yang berjerawat. Lakukan hal itu 2 kali dalam sehari sampai jerawat menghilang. Jika jerawat sudah terinfeksi dan kulit terluka, jangan gunakan alkohol. Anda dapat menggunakan obat luka untuk menyebuhkan lukanya terlebih dahulu.

Mandikan kucing dengan shampoo khusus

Gunakan shampoo yang mengandung benzyl peroxide yang mampu mengatasi jerawat kucing karena menyerap kedalam folikel. Zat ini akan membersihkan folikel, menghancurkan bakteri, dan menyingkirkan minyak berlebih yang menyebabkan jerawat.

Gunakan larutan air hangat dan garam

Jika tidak ada obat-obatan khusus, Anda juga dapat menggunakan air hangat dicapur dengan satu sendok teh garam. Gunakan kapas, peras, dan tekan pada dagu yang berjerawat. Lakukan selama 5 menit. Kompres hangat ini bisa mengurangi ukuran bintik dan memecahkannya.

Berikan antibiotik sesuai petunjuk dokter

Jika jerawat tak kunjung sembuh, bawalah kucing ke dokter hewan. Dokter akan memeriksa dan memberikan antibiotik yang dibutuhkan kucing.

Vet mungkin meresepkan antibiotik oral untuk membunuh bakteri di permukaan kulit. Obat ini diberikan lewat mulut dengan dosis yang disarankan sampai bintik-bintik jerawat sudah bersih dan kemudian pemberian obat ini diperpanjang selama setidaknya satu minggu lagi.

Mencegah jerawat kucing

Meskipun kucing tua kemungkinan besar mengalami masalah jerawat ( biasanya karena masalah artritis yang dialami sehingga mereka kesulitan merawat bulu dan menyingkirkan sisa makanan dari dagunya), ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya jerawat kucing.

Jika kucing Anda memiliki sejarah jerawat, seka dagunya setelah dia makan dan keringkan bagian dagu ini. Hal ini dilakukan untuk mencegah menumpuknya minyak dan infeksi bakteri dari makanan yang terjebak di dalam folikel bulu.

Bersihkan mangkuk makanan kucing. Ini mencegah bakteri berakumulasi yang bisa berkontribusi pada masalah jerawat kucing.

Semoga bermanfaat!

 

Sumber : http://id.wikihow.com/Menangani-Jerawat-Kucing

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *