Fakta Kucing
0

Wow, Para Hewan Ini Diketahui Bisa Memprediksi Kapan Terjadinya Bencana Alam

Wow, Para Hewan Ini Diketahui Bisa Memprediksi Kapan Terjadinya Bencana Alam

Lazim diketahui berbagai alat canggih bisa digunakan untuk mendeteksi kapan terjadinya bencana alam. Namun selain alat canggih, para peneliti juga biasa memanfaatkan hewan untuk membantu penelitian mereka, terutama ketika menghadapi bencana gempa.

Lewat perilaku dan insting hewan itulah manusia dapat mempersiapkan diri menghadapi bencana yang akan datang. Lalu, hewan apa saja yang dipercaya bisa memprediksi kapan terjadinya bencana?

a-group-of-cats-is-called-a-clowder

Kucing

Masih ingat peristiwa gempa bumi besar yang melanda Jepang beberapa tahun silam? Selamatnya para kucing dari bencana tersebut membuat penasaran tim dari Universitas Tsing Hua.

Ternyata, 6 hari sebelum gempa bumi para kucing menunjukkan perilaku stres dan mulai mengevakuasi diri sendiri. Para induk kucing juga membawa bayi-bayi mereka ke tempat yang lebih aman.

Para peneliti percaya, indra pendengaran kucing yang luar biasalah yang menyelamatkan mereka dari gempa bumi dahsyat.

o-smart-dog-facebook

Anjing 

Hewan yang dikenal paling setia dengan manusia ini memiliki insting yang tajam. Kemampuan intelegensi yang tinggi membuat mereka mampu membantu polisi mengungkap berbagai aksi kejahatan hingga menemukan para korban.

Anjing dapat memprediksi datangnya perubahan cuaca yang ekstrim, bisa dilihat dari ekspresi wajah dan tubuhnya yang gemetar tapi bukan karena sakit.

Para peneliti bahkan percaya, anjing memiliki sensitivitas 10.000 kali lebih peka daripada manusia. Wow!

ww-frogs-waxy-monkey-tree-jpg-adapt-945-1

Kodok

Berdasarkan penelitian yang terbit di International Journal of Environmental Research and Public Health, kodok mengetahui kapan terjadinya gempa bumi karena mereka sangat sensitif terhadap perubahan kimia dalam air tanah.

Bagi penggemar seri Dragon Ball GT, tentu ingat pada sang Raja Kodok yang memiliki kemampuan memprediksi kapan terjadi gempa dan gunung meletus.

horse-group-hd-wallpaper

Kuda

Ketika bencana alam akan datang, kuda berperilaku melompat-lompat tidak jelas, meringkik keras dengan intensitas frekuensi yang tinggi.

Di alam liar, kawanan kuda biasanya membentuk formasi melingkar ketika merasakan akan terjadi bencana alam.

Elephant group in the river

Gajah 

Saat gempat bumi besar dan tsunami di Thailand tahun 2004, para gajah banyak yang selamat.

Beberapa jam sebelum terjadinya bencana, kawanan gajah di pesisir Thailand melenguh keras dan memberontak hingga rantai yang mengikat kakinya lepas.

Mereka kemudian berlari ke daratan yang lebih tinggi. Dan selamatlah mereka.

fakta-tentang-ikan-hiu-yang-jarang-diketahui-orang-9

Hiu

Para ilmuwan dari Mote Marine Laboratory Sarosta di Florida telah mendokumentasikan perilaku dari 12 ekor hiu yang sebelumnya telah dipasang sensor elektronik.

Ternyata, 12 jam sebelum badai Charley menyapu daerah sekitar pantai Teluk Florida pada tahun 2004 itu, para hiu terekam menyelam ke perairan yang lebih dalam.

Padahal selama 4 tahun masa pengawasan, kawanan hiu itu hanya berenang di perairan yang dangkal.

Dalam penelitian itu juga diungkapkan kalau hiu-hiu tersebut akan kembali ke laut dangkal 2 minggu setelah terjadinya peristiwa alam tersebut.

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *