Tips and Tricks
1

Manfaat Kaldu untuk Kucing dan Cara Membuatnya

Manfaat Kaldu untuk Kucing dan Cara Membuatnya

Tahukah Anda? Ternyata kaldu sangat bermanfaat diberikan pada kucing atau anjing kita. Apalagi dimusim hujan seperti sekarang ini. Hewan peliharaan membutuhkan banyak asupan vitamin yang akan membantunya meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk hewan yang sedang sakit, alangkah baiknya jika diberikan suplemen tambahan kaldu. Kaldu begitu mudah diberikan dan hampir semua kucing menyukainya. Makanan yang berupa  cairan ini juga gampang diserap oleh tubuh.

Berikut manfaat luar biasa dari kaldu yang sudah dikenal, antara lain :

1. Membantu sistem pencernaan (seperti : diare, konstipasi)

2. Membantu mengatasi berbagai alergi

3. Mengandung kalsium, magnesium, fosfor dan mikronutrien

4. Bermanfaat untuk penguatan dan penyembuhan tulang

5. Mengatasi masalah gigi

6. Sumber makanan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh

7. Bermanfaat untuk perbaikan rambut, kulit dan kuku

Nah, bagi yang ingin membuat kaldu, onty Grace Marcia dari Mr.Kitty’s Delight berbagi resep mudah membuat kaldu ini. Berikut tipsnya.

1. Untuk yang mau membuat kaldu dengan menggunakan tulang (tidak hanya daging ayam/sapi saja) bisa dicoba buat dengan pressure cooker/panci presto.

2. Gunakan cuka/cuka apel untuk mempercepat proses penguraian tulangnya. Tapi sedikit saja, hanya 1-2 sendok makan per 1 liter air.

3. Kita bisa menambahkan sayuran seperti wortel dan celery stick, jadi ada tambahan vitaminnya. Kalau bawang bombay/bawang putih tidak boleh, karena itu beracun bagi kucing.

4. Bahan lainnya yg mungkin bisa ditambahkan yaitu jamur. Jamur yang bisa dipakai antara lain adalah: jamur shitake, jamur tiram, jamur enoki, dan jamur champignon.

5. Untuk pilihan daging, ayam atau sapi tidak ada masalah mau bagian mananya. Tapi disarankan menggunakan bagian sayap, kaki, dan leher ayam atau ribs sapi jika tidak ingin menambahkan tulang karena bagian tersebut sudah ada tulangnya.

6. Seimbangkan jumlah air, daging dan tulang. Air cukup dilebihkan sedikit saja daripada jumlah untuk merendam semua daging, sayuran, dan tulangnya. Jadi nanti kaldunya lebih berasa.

7. Untuk lama proses masak dengan pressure cooker/panci presto bisa disesuaikan dari 1 1/2 jam hingga 3 jam. Kalau bisa lebih lama lebih baik, tapi jumlah airnya harus disesuaikan/ditambah lagi jadi tidak sampai habis airnya.
8. Jika memungkinkan, lebih baik daging dan tulangnya dipisah. Misal untuk tulangnya bisa dimasukan ke nut milk bag/cheese cloth jadi nanti akan lebih mudah untuk memisahkan daging dari kaldunya.

9. Jangan buang daging dan sayuran, blender bersama kaldu. 
Voilaa .. dan jadilah makanan buatan rumah yang penuh gizi untuk anak-anak kaki empat kesayangan.
Atau jika cat lovers tidak ingin repot membuatnya sendiri, bisa lho memesan langsung di Mr. Kitty’s Delight http://bit.ly/2jfOoIp
Selamat mencoba!

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 1 komentar

  • Yullie Affandie says:

    kucing sy sukanya air kukusan ikan. biasanya dia makan ikan kembung dikukus, lalu pas waktunya makan, ikannya disuir-suir, lalu siram dg air kukusannya…asal nyemek2 aja nggak usah terlalu banyak airnya. dia pun makan dg nikmat.

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *