Tips and Tricks
0

Tips Menyelamatkan Kucing dari Plafon Rumah

Tips Menyelamatkan Kucing dari Plafon Rumah

Bukan rahasia lagi jika kucing paling kepo dengan lingkungan tempat dia tinggal. Kucing senang menjelajah hingga sudut-sudut tersulit yang bisa dijangkaunya, termasuk plafon rumah. Tetapi lebih sering kucing akan menemui kesulitan dan menyulitkan ketika sudah berdiam di plafon. Lalu bagaimana?

Harus di-rescue, diselamatkan dan usahakan jangan lagi berikan kesempatan untuk kucing bermain di dalam plafon. Selain sulit dijangkau, tak jarang keberadaan kucing di plafon membuatnya langit-langit rumah jebol dan rusak. Belum lagi jika dia buang kotoran, membawa bangkai tikus atau beranak disana.

Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan kucing dari plafon rumah.

1. Senjata pertama, makanan!

Sodorkan makanan yang menarik perhatian kucing. Jika kucing yang berada di plafon adalah kucing rumah, maka akan lebih mudah lagi. Pancing dengan suara makanan atau aroma makanan yang biasanya disukainya. Apabila kucing kebingungan mencari jalan keluar, terpaksa Anda harus bersusah payah sedikit untuk bisa mencapai lubang plafon.

Apabila kucing yang berada di plafon kucing liar, letakkan makanan di luar lubang plafon.

2. Tak mempan dengan makanan, perdengarkan suara kucing

Ya, gunakan rekaman suara kucing (terutama anak kucing) untuk menarik perhatian kucing. Suara kucing yang marah juga bisa digunakan sebagai trik untuk ‘menyuruh’ kucing liar yang masuk plafon pergi.

Tak punya rekaman suara kucing? Anda bisa mengunduhnya dari internet. Kucing mengerti bahasa sesamanya.

Jika kebetulan yang berada di plafon kucing rumah, Anda tak perlu terlalu repot karena biasanya dia akan ‘menangis’ ketakutan saat tak bisa mencari jalan keluar.

3. Sediakan tangga atau pijakan supaya kucing bisa turun

Kucing menyukai naik ke tempat-tempat tinggi, tapi seringkali merasa ketakutan saat harus meloncat turun.

Seperti saat naik pohon, kucing akan turun dengan berjalan mundur. Maka berada di plafon kucing membuat kucing ketakutan, karena langit-langit rumah yang tinggi berbeda dengan pohon.

Sediakan tangga atau pijakan yang tinggi supaya kucing berani meloncat turun. Jika masih juga ketakutan, pelan-pelan tangkaplah dari tempat yang memungkinkan.

4. Gunakan pet carrier, kandang, atau alat perangkap lainnya

Meskipun kucing yang berada di plafon adalah kucing kesayangan Anda, jika dia sedang panik, maka dia seperti tak mengenal Anda. Sikapnya kadang tak bisa ditebak. Bukannya sukarela ditangkap, kucing malah akan pergi menjauh dan semakin sulit diambil.

Gunakan pet carrier atau perangkap untuk membawanya turun. Caranya, letakkan makanan kesukaan di dalam pet carrier, jika kucing sudah masuk segera tutup dan amankan.

3. Bersihkan plafon bekas kucing

Apabila kucing terlalu lama di dalam plafon, kemungkinan dia juga akan buang kotoran disana. Bersihkan dan semprot dengan bau yang menghilangkan aroma kucing. Jika ada anak kucing, pindahkan ke tempat yang lebih aman.

4. Tutup lubang plafon

Setelah kucing berada di luar, maka secepatnya tutuplah semua lubang yang memungkinkan kucing masuk ke dalam plafon rumah. Karena jika tidak, suatu hari akan ada lagi kucing iseng yang masuk kedalamnya.

Semoga berhasil!

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *