Berita
0

Uni Emirat Arab Kini Melarang Macan dan Singa Jadi Hewan Peliharaan

Uni Emirat Arab Kini Melarang Macan dan Singa Jadi Hewan Peliharaan

Kepemilikan hewan peliharaan eksotis seperti macan, singa dan cheetah telah lama menjadi simbol status di seluruh negara teluk. Para pemiliknya sering terlihat membawa kucing-kucing besar tersebut di area publik atau memamerkannya di media sosial. Kini, semua itu dilarang!

Setelah bertahun-tahun mendapat tekanan dari kelompok penyayang hewan, akhirnya UAE mengesahkan Undang-Undang yang melarang kepemilikan pribadi dan perdagangan satwa liar dan berbahaya.

Jika seorang warga kaya menjadikan hewan yang terancam punah itu sebagai peliharaan, maka mereka akan dikenakan denda sebesar $ 136.000 (700.000 dirham, sekitar Rp.1,8 milyar) atau dipenjara selama 6 bulan.

Undang-Undang yang baru ini akan segera efektif dan pemilik diminta untuk menyerahkan hewan peliharaan mereka ke pihak yang berwenang.

Ronel Barcellos, manajer Abu Dhabi Wildlife Center, mengatakan, “Uni Emirat Arab telah melalui proses yang panjang … Saya senang akhirnya hukum mengaturnya, namun langkah-langkah perlu diambil untuk memastikan bahwa UU diterapkan dengan benar.” Demikian dilansir dari CNN.

Hewan-hewan liar yang dijadikan peliharaan oleh orang-orang kaya Dubai merupakan hewan selundupan yang diambil paksa dari habitatnya yang asli.

Singa, cheetah dan harimau itu kemudian diletakkan dalam kandang yang tidak cocok, dirantai bahkan dianiaya. Kemudian berakhir di tempat penampungan satwa liar karena pemiliknya merasa kewalahan merawatnya.

Jasim Ali, seorang perawat di penampungan hewan liar milik pemerintah mengatakan, “Jika seseorang membeli hewan yang sangat mahal, dia membual bahwa ia memiliki cukup uang untuk mendapatkan apapun yang dia inginkan. Mereka memiliki singa yang coba dijinakkan untuk kemudian dipamerkan, ingin menunjukkan kalau dia berani, namun hal itu sebenarnya bukan keberanian, melainkan kekejaman terhadap hewan.”

 

Sumber : CNN http://cnn.it/2irMG83

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *