Fakta Kucing
0

Cara Mengajari Kucing Mengenali Namanya Sendiri

Cara Mengajari Kucing Mengenali Namanya Sendiri

Dahulu orang sering memanggil kucing dengan sebutan ‘Puss’ saja. Puss atau Pussy berasal dari bahasa Belanda ‘Poe’ yang artinya cantik. Pus atau Pusekatt juga digunakan oleh bangsa Norwegia yang merupakan sebutan untuk wanita cantik atau panggilan pada kucing betina. Dari sanalah kemudian kucing lazim dipanggil dengan nama “Puss.. Pusss!”

Namun kini para pemilik kucing memberikan nama-nama khusus untuk menyebutkan identitas kucingnya.

Apakah kucing lantas kebingungan dengan nama-nama yang diberikan padanya? Tentu tidak. Kucing termasuk hewan cerdas, mereka bisa dilatih mengenali namanya sendiri hingga tak akan tertukar dengan nama kucing lain.

Berikut cara mudah mengajari kucing mengenali namanya.

  1. Siapkan nama yang mudah diucapkan. Kucing lebih mengenal nama yang pendek dan terdengar menyenangkan. Jika Anda memberi nama panjang seperti ‘Princess White Beautiful Fluffy’, maka cukup panggil dengan “Princess” atau  “Beauty”.
  2. Mulailah latihan memanggil nama sedini mungkin. Kucing kecil mudah diajari dan cepat mengingat nama, sedangkan kucing yang lebih tua memerlukan waktu yang lebih lama meskipun tetap bisa diajari.
  3. Jangan ganti nama jika kucing sudah terbiasa. Dia akan kebingungan kalau mendapat nama baru setelah terbiasa dengan nama yang lama. Konsistensi adalah kuncinya.
  4. Berikan imbalan. Kucing terobsesi dengan imbalan setiap mengerjakan sesuatu. Berikan cemilan atau makanan kesukaannya. Namun perlu diingat, hadiah tak harus selalu makanan, apalagi jika kucing sudah kenyang dan gendut. Cukup dengan dielus dan mengajaknya bermain setelah dia merespon dengan baik panggilan namanya.
  5. Hubungkan namanya dengan hal yang positif. Misal, panggil nama saat akan makan, bermain atau memberikan hadiah padanya. Jangan memarahi dan membentak kucing dengan menyebut namanya. karena kucing justru akan takut setiap dipanggil.
  6. Perpanjang latihan. Cobalah memanggil kucing dari jarak yang cukup jauh, misal dari dalam kamar atau ruangan yang berbeda. Kucing yang merespon panggilan dari jarak jauh artinya dia sudah cukup pintar dan mengakui namanya.
  7. Libatkan anggota keluarga yang lain untuk memanggil kucing dengan nama yang sama. Kucing akan semakin terlatih dan bangga dengan namanya sendiri.

Memberi nama bagi kucing sangatlah penting saat ini. Nama pribadi mereka akan menjadi identitas resmi yang tercatat di buku kesehatan, buku paspor hewan dan tentu di chip ID-nya.

Selain itu, memiliki nama panggilan khusus dapat melindungi kucing dari orang-orang yang berniat jahat dan usil. Kucing tidak akan merespon panggilan yang tak sesuai dengan namanya. Sebaliknya, dia akan waspada dan berhati-hati.

Selamat mencoba. Meooow!

 

Baca juga :

Bagaimana Melatih Kucing http://meowmagz.com/2015/02/bagaimana-melatih-kucing-anda/

6 Keterampilan Hidup yang Diajarkan Induk Kucing http://meowmagz.com/2017/03/6-keterampilan-hidup-yang-diajarkan-induk-kucing-pada-anak-anaknya/

Kucing Anda Nakal? Jangan Dipukul! http://meowmagz.com/2015/03/kucing-anda-nakal-jangan-dipukul/

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *