Tips and Tricks
0

Kenapa Kucing Suka Mencakar Perabotan? Ternyata Mereka Punya Alasannya …

Kenapa Kucing Suka Mencakar Perabotan? Ternyata Mereka Punya Alasannya …

Jika Anda memelihara kucing, pasti sudah biasa menemukan perabotan rumah yang memiliki bekas cakaran. Menjengkelkan memang, tapi tahukah Anda, kebiasaan menggaruk dan mencakar sebenarnya merupakan ‘pekerjaan’ penting bagi kucing.

Sofa, kursi dan lemari termasuk perabot yang paling sering dijadikan tempat asah kuku si meong. Begitupun jika ada benda baru, kucing tak akan lupa menorehkan tanda khusus diatasnya.

Lalu apa alasan kucing suka mengasah kukunya? Sebelum kucing menjadi binatang yang dipelihara oleh manusia, mereka tinggal di hutan, mencari makan sendiri dan bertahan hidup dari para predator.

Kebiasaan menggaruk dan mencakar bertujuan menajamkan cakar mereka sehingga bisa bertahan terhadap lawan. Selain itu, tanda cakaran juga berfungsi sebagai penanda area kekuasaan. Tanda itu akan mudah dikenali oleh hewan lain.

Walaupun sekarang kucing lebih banyak hidup bersama manusia, namun kebiasaan melakukan gerakan tersebut merupakan media untuk melepaskan stres dan meregangkan otot punggung serta kaki.

 

Baca juga :

Selamatkan Furniture Anda dari Cakaran Kucing http://meowmagz.com/2015/02/selamatkan-furniture-anda-dari-cakaran-kucing/

Olahraga untuk Kucing http://meowmagz.com/2015/03/olahraga-untuk-kucing/

Kenapa Kucing Menyukai Kotak Kardus? http://meowmagz.com/2016/05/kenapa-kucing-menyukai-kotak-kardus/

 

Namun bagaimana cara agar kucing tidak merusak furnitur Anda? Tentu saja yang harus Anda lakukan adalah melatih kucing kesayangan.

Pertama, sediakan papan cakaran yang biasa dijual di petshop atau Anda bisa membuatnya sendiri. Gunakan bahan yang mudah didapat seperti kardus atau kayu.

Selanjutnya, lapisi furnitur Anda dengan kain tebal atau bahan berbentuk jaring. Bahan jaring tidak disukai kucing, karena saat mencakar kukunya akan tersangkut.

Perbanyak lemari dan tempat penyimpanan. Simpan barang-barang kecil seperti sepatu, buku dan tas di lemari atau kotak bertutup. Jauhkan dari jangkauan si kumis.

Latihlah kucing secara rutin, dimana tempat dia boleh dan tidak boleh menggaruk. Jika sudah terbiasa, maka benda-benda berharga di rumah bisa terselamatkan. Meooow!

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *