kebersihan
0

Tips Membuat Bulu Kucing Lembut dan Mengkilap

Tips Membuat Bulu Kucing Lembut dan Mengkilap

Kecantikan kucing bisa dilihat dari bulunya yang sehat. Bulu-bulu yang indah juga menandakan kucing dirawat dengan baik. Lalu adakah tips untuk merawat bulu kucing kesayangan?

Berikut ini tips merawat bulu kucing supaya menjadi lembut dan mengkilap.

Sisir kucing secara rutin untuk mendapatkan tampilan bulu yang rapi.

Jika Anda rutin menyisirnya, bulu yang rontok, kotoran dan parasit yang menempel pun akan mudah hilang. Penyisiran rutin ini juga membantu menyebarkan minyak alami yang diproduksi oleh kulit dan menyebar ke bulu.

Menyisir bulu membantu kucing mengurangi hairball yang tertelan saat dia menjilati bulunya sendiri. Hasilnya kucing akan semakin jarang muntah hairball.

Mulailah menyisir sejak kucing masih kecil. Dia akan terbiasa disisir dan menjadikan hal itu kegiatan rutin yang menyenangkan.

Jika Anda belum terbiasa atau tak punya waktu, Anda dapat menggunakan jasa profesional cat grooming. Mereka biasanya akan melakukan serangkaian perawatan mulai dari memandikan hingga menyisir bulu-bulu kucing.

Seberapa sering kucing Anda harus disisir?

Kucing berbulu panjang butuh lebih sering disisir daripada kucing berbulu pendek. Kucing berbulu panjang harus disisir sekali dalam beberapa hari, sementara kucing berbulu pendek hanya perlu disisir sekali seminggu.

Ada juga ahli yang menyarankan agar kucing berbulu panjang disisir selama setidaknya 15 menit setiap harinya.

Apa saja peralatan yang dibutuhkan?

Agar bisa menyisir kucing dengan baik, Anda membutuhkan peralatan antara lain sisir sikat, sisir besi, dan sikat karet atau sisir bulu yang bagus. Seluruh peralatan ini dirancang khusus untuk kucing. Anda bisa mendapatkannya di petshop.

Anda juga bisa menggunakan chamois atau lap untuk mengelap bulu kucing sebelum dan setelah menyisirnya. Dengan mengelap, bulu yang masih menempel akan mudah terangkat. Kucing pun bebas dari bulu rontok yang bandel menempel.

 

Baca juga : 

Apakah Bulu Kucing yang Rontok Bisa Tumbuh Lagi? http://meowmagz.com/2015/06/apakah-bulu-kucing-yang-rontok-bisa-tumbuh-lagi/

Tips Mengatasi Bulu Kucing yang Rontok http://meowmagz.com/2015/06/mengatasi-bulu-kucing-rontok/

Tips Mudah Merawat Kucing Berbulu Panjang http://meowmagz.com/2015/06/tips-mudah-merawat-kucing-berbulu-panjang/

 

Sikatlah kucing dengan hati-hati

Awali dengan sikat biasa dan sikat bulu kucing dengan lembut mulai dari kepala sampai ekor. Kemudian, gunakan sisir besi dengan cara yang sama. Ini akan membantu menyingkirkan kotoran. Terakhir, gunakan sikat bulu atau karet yang akan menyingkirkan bulu-bulu yang sudah lepas.

Jika ada bagian bulu yang kusut, urai kekusutan tersebut sebelum menyikat seluruh bulunya. Apabila ada bagian yang sulit diurai karena sudah terlanjur gembel, Anda dapat mengguntingnya.

Berhati-hati saat menyikat, menyisir atau mengelap bagian tubuh kucing yang sensitif seperti perutnya. Sebagian kucing tidak suka saat bagian perutnya disentuh.

Untuk menyikat ekor kucing berbulu panjang, belah tengah bulu ekor tersebut dan sikat bulu ke masing-masing sisi.

Mandikan kucing secara rutin

Kucing memang bisa mandi sendiri dengan cara menjilati bulunya. Akan tetapi, lebih baik jika Anda membantu membersihkan tubuh mereka supaya lebih sehat.

Seberapa sering harus memandikan kucing tergantung dari ras dan tingkat aktivitasnya. Kucing berbulu panjang atau yang sangat aktif, harus dimandikan lebih sering.

Demikian juga kucing yang menderita penyakit kulit dan kesulitan untuk mandik sendiri, sebaiknya lebih sering dimandikan.

Berikan makanan yang sehat dan cukup nutrisi

Apa saja yang dimakan kucing sangat berpengaruh pada tampilan bulunya. Untuk mendapatkan bulu yang sehat, kucing harus makan makanan yang sehat.

Jika kucing Anda mengonsumsi makanan kaleng basah, makanan kering, makanan mentah atau kombinasi dari makanan-makanan ini, pastikan makanan tersebut mengandung protein dan lemak yang cukup memenuhi kebutuhan gizinya.

Selain itu Anda harus terus menyediakan air bersih dan segar untuk diminumnya. Kucing yang banyak minum akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Semoga bermanfaat. Meoooow!

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *