Fakta Kucing
0

8 Tips Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Makan

8 Tips Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Makan

Apakah kucing Anda menolak makan padahal biasanya antusias bahkan rakus? Yang terpenting dilakukan adalah memeriksa kucing, apakah dia sakit? Kucing yang sedang sakit biasanya akan menolak makan dan berpuasa.

Jika kucing terus menolak makan, maka Anda harus mengusahakan berbagai cara supaya kucing mau makan kembali. Harus makan. Karena makan sangat penting untuk mempertahankan energi dan daya tahan tubuh, utamanya bila kucing ternyata benar sakit.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan.

1. Jika selama ini kucing hanya makan dari satu macam merk atau produk makanan, cobalah menggantinya dengan produk yang lain. Mungkin saja kucing kesayangan Anda bosan dengan makanan yang biasanya.

Cek juga kondisi makanan yang diberikan, jika sudah kadaluarsa atau terkena angin, kucing tentu menolak memakannya. Lebih dari itu berbahaya memberikan makanan kadaluarsa pada kucing. http://meowmagz.com/2016/08/ingin-mengganti-makanan-kucing-begini-caranya/

2. Hangatkan makanan. Jika makanan disimpan di kulkas, tentu menjadi dingin. Kucing lebih menyukai makanan yang hangat. Panaskan sebentar namun jangan sampai terlalu panas, maka kucing Anda akan berselera kembali.

3. Tambahkan aroma yang menarik selera. Anda bisa menambahkan ikan rebus atau minyak ikan. Kucing sangat terobsesi dengan bau ikan yang cukup kuat dibanding makanan olahan lainnya. Atau Anda bisa juga membuatkan makanan buatan rumah yang lebih sehat dan lezat. http://meowmagz.com/2015/06/resep-home-made-makanan-kucing/

4. Jagalah supaya mangkok atau piring tempat makan tetap bersih. Mangkok dan tempat minum yang jarang dicuci membuat kucing malas makan, tentu karena baunya yang tidak enak. Ingat, kucing adalah hewan pecinta kebersihan! Peralatan makan yang bersih berperan membuat kucing tetap sehat.

5. Cobalah tempat makan yang lebih datar. Kenapa? Beberapa jenis kucing terutama yang berhidung plesek cukup kesulitan jika harus makan menggunakan wadah dengan cekungan yang dalam. Begitupan dengan tempat minumnya. Mereka akan lebih senang dengan tempat yang luas dan makanan yang mudah dijangkau.

Foto : Kitty-Cook/YourFamilyPets.com

6. Jangan campurkan obat atau vitamin dalam makanan. Kucing memiliki penciuman yang tajam. Meski hanya setetes obat yang Anda campurkan kedalam makanannya, dia akan tahu. Daripada dia tidak jadi makan karena obat itu, lebih baik memberikannya terpisah. Biarkan kucing makan puas dulu, urusan obat diberikan setelahnya.

Hindari juga jenis-jenis makanan dirumah yang berbahaya dan tidak boleh diberikan pada kucing. http://meowmagz.com/2015/02/makanan-yang-tidak-boleh-diberikan-pada-kucing-2/

7. Aturlah supaya kucing makan di tempat yang tenang. Beberapa kucing mungkin menolak makan karena stres, alasannya karena tempat yang terlalu ramai atau ada kucing yang lain. Pisahkan dan biarkan si kucing menikmati makanannya sendiri.

8. Jika kucing tetap menolak makan karena sakit, maka berikan makanan lunak atau cair. Suapi kucing dengan sendok kecil (bisa juga dengan satu jari telunjuk Anda jika itu lebih mudah) atau gunakan alat suntik (spuit/syringe). Bagaimanapun caranya, usahakan kucing yang sakit tetap makan, karena mereka membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk melawan penyakitnya.

Semoga bermanfaat. Makan yang banyak yah, Meongs! Meooow.

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *