kesehatan
0

Cara Memberikan Obat Tetes Mata Pada Kucing

Cara Memberikan Obat Tetes Mata Pada Kucing

Mata kucing peliharaan terkadang dapat terkena debu, berwarna kemerahan dan kotor sehingga perlu diberikan obat tetes mata. Kucing umumnya akan ketakutan dan menolak saat matanya ditetesi obat. Berikut adalah cara mudah memberikan obat tetes mata pada kucing yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Letakkan kucing di atas meja atau permukaan yang lebih tinggi, kira-kira setinggi pinggang. Pemberian obat tetes mata akan lebih mudah dilakukan.

2. Jika kucing berontak, bungkus dengan handuk tebal supaya kuku cakar tidak keluar melukai dan lebih mudah memegang tubuhnya.

3. Sebelum diberikan obat tetes, bersihkan terlebih dahulu area sekitar mata supaya obat efektif bekerja. Bersama dengan obat tetes mata, biasanya dokter akan memberikan cairan pembersih mata. Usapkan dengan kapas steril perlahan.

4. Buka kelopak mata kucing, dan teteskan obat pada kantung matanya. Obat tetes akan menyebar ke seluruh mata meski tidak diteteskan tepat diatas bola mata.

5. Posisikan ujung botol obat sekitar 2 cm diatas mata kucing. Ujung botol jangan sampai menyentuh mata karena dapat berakibat iritasi mata pada kucing dan menyebabkan obat terkontaminasi.

6. Tenangkanlah kucing. Sesaat setelah ditetesi obat, kucing akan berusaha untuk mengucek matanya karena merasa tidak nyaman. Belai dan diamkan kucing sebentar supaya obat dapat menyebar dan meresap ke dalam mata kucing.

7. Jangan pijat mata kucing. Obat tetes mata dapat menyebar sendiri dengan cepat.

8. Berikan treats atau snack kesukaan kucing setelah selesai. Makanan membuat perhatian kucing teralihkan dan menghindari trauma akibat pemberian obat tetes mata.

Selamat mencoba!

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *