Tips and Tricks
0

Jika Kucing Sulit Dimandikan Dengan Air, Gunakan Handuk Lembap. Begini Caranya …

Jika Kucing Sulit Dimandikan Dengan Air, Gunakan Handuk Lembap. Begini Caranya …

Rutinitas paling sulit bagi pemilik kucing dalam merawat anak kaki empat kemungkinan adalah memandikannya. Hal ini karena kucing pada dasarnya sudah merawat sendiri kebersihannya dan menolak untuk dibersihkan oleh manusia. Akibatnya kebanyakan kucing menunjukkan reaksi tak menyenangkan saat dimandikan.

Namun jika kucing sehari-hari tinggal di rumah bahkan tidur di kamar, memandikan menjadi sebuah kewajiban. Jika kucing Anda termasuk yang sulit dimandikan dalam guyuran air, jangan cepat menyerah, ada cara lain untuk membersihkannya tapi tidak perlu membasahi seluruh tubuhnya.

Caranya adalah dengan menggunakan handuk lembap. Cara ini akan menyelamatkan Anda dari cakaran kucing sekaligus menyelamatkan si manis dari pengalaman mandi air yang menakutkan.

Mandi dengan menggunakan handuk lembap juga cocok untuk kucing indoor yang bulunya tidak terlalu kotor.

Berikut ini cara mandi dengan handuk lembap.

  1. Siapkan 2 handuk besar, satu untuk menyeka/membasahi dan satunya lagi untuk mengeringkan bulu. Siapkan pula washlap khusus untuk membersihkan bagian yang sangat kotor.
  2. Apabila hendak menggunakan shampoo, maka siapkan lebih banyak handuk.
  3. Mandikan kucing di dalam kamar mandi tertutup untuk mencegah kucing kabur.
  4. Gunakan air yang tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Idealnya air berada di suhu 22-24 derajat celcius.
  5. Sisir bulu kucing untuk mengangkat bulu mati dan membersihkan kotoran yang menempel. Kucing akan lebih bersih dan hemat waktu saat memandikan.
  6. Jika kucing terbiasa potong kuku, potonglah sebelum dimandikan.
  7. Basahi handuk dengan air hangat, namun jangan sampai menetes. Peras jika terlalu banyak air. Seka seluruh tubuh kucing dari leher ke ekor dengan tenang dan perlahan. Jangan lewakan bagian perut, wajah, ketiak dan sela-sela kaki. Gunakan washlap untuk mengelap bagian pantat.
  8.  Mandi menggunakan handuk sebenarnya tak perlu menggunakan shampoo, namun jika Anda ingin menambahkan shampoo, campurkan sedikit  shampoo dengan air dan jangan terlalu banyak busa. Celupkan handuk dan usapkan perlahan ke seluruh tubuh. Jika sudah selesai, selanjutnya seka dan gosok-gosok dengan handuk lembap yang lain untuk menghilangkan bekas shampoo.
  9. Langkah terakhir adalah mengeringkan bulu kucing. Bungkus kucing dengan handuk kering dan seka seluruh tubuhnya. Jika kucing tidak takut dengan hair dryer, Anda dapat menggunakannya supaya bulu lebih cepat kering.
  10. Berikan makanan atau snack kesukaan setelah kucing selesai mandi. Makanan sangat efektif membangkitkan kembali mood kucing dan menghilangkan trauma akibat dimandikan.

Selamat mencoba!

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *