Tips and Tricks
0

7 Cara Mudah Membuat Kucing Indoor Hidup Bahagia!

7 Cara Mudah Membuat Kucing Indoor Hidup Bahagia!

Bagi pemilik kucing, keputusan menjadikan kucing peliharaan sebagai kucing indoor pasti sudah dengan berbagai pertimbangan. Utamanya adalah demi keselamatan dan kenyamanan.

Berada di dalam rumah atau ruangan khusus sepanjang waktu tentu membuat kucing bosan, apalagi mengingat sifat asli kucing yang menyukai petualangan dan gemar mengolah kemampuan fisik.

Namun menjadi kucing indoor tidak berarti menjadikan kucing murung dan stres. Cat lovers dapat mencoba beberapa cara sederhana supaya kucing indoor tetap bahagia dan sehat.

Foto : The Telegraph

1. Ruang Vertikal

Jika rumah cat lovers atau ruangan khusus kucing tidak terlalu luas membuatkan ruang vertikal akan sangat membantu. Kucing menyukai tempat yang lebih tinggi sebagai area pribadi saat tak ingin diganggu.

Anda dapat memanfaatkan pohon yang sudah ditebang sebagai cat tree, membuat rak kucing bertingkat atau bahkan hanya menempatkan lemari dan perabotan di sudut-sudut tertentu supaya kucing bisa melompat dan berdiam diatasnya.

 

2. Ruang dengan pemandangan

Sebaiknya cat lovers mengingat betul hal ini. Setiap kucing membutuhkan jendela. Kucing sangat menyukai berdiam di balik jendela kaca dan memandang keluar dalam waktu yang cukup lama.

Anda dapat menambahkan papan rak di tepian jendela supaya kucing dapat ‘bertengger’ dengan nyaman saat mengawasi burung-burung yang terbang.

 

3. Sediakan waktu untuk bermain!

Jika animal lovers berpikir permainan hanya cocok untuk anjing, maka anggapan tersebut keliru. Kucing pun menginginkan permainan yang seru. Kucing mendambakan perburuan (dan bahkan perkelahian), karena pada dasarnya mereka adalah singa dalam versi mini.

Permainan yang menguras tenaga secara tidak langsung membuat kucing rajin berolah raga dan menghilangkan rasa frustasi mereka. Jadi, ajaklah kucing kesayangan cat lovers bermain, setiap hari.

 

4. Jagalah kebersihan 

Tidak ada yang menyukai tempat yang berantakan, terutama kamar mandi atau area litter box. Pastikan litter box bersih setiap hari. Litter box yang kotor bisa menyebabkan banyak penyakit di sekitar rumah.

Bagi rumah yang memiliki lebih dari satu kucing, siapkan kotak pasir tambahan atau sebuah ‘kolam pasir’ yang luas.

 

5. Ajak jalan-jalan melihat dunia luar (jika bisa)

Meski sehari-hari kucing berada di dalam rumah, jika cat lovers punya waktu, sesekali ajaklah kucing berjalan-jalan di taman. Dunia luar yang berbeda suasana dengan di dalam rumah akan membangkitkan jiwa petualangan si meong dan membuat dia bersemangat.

Jika rumah masih memiliki area terbuka, alangkah baiknya membuatkan catio (kandang besar di luar ruangan). Kucing bisa bermain atau berjemur dengan bebas tapi aman di dalamnya. Pemilik kucing pun tak khawatir kucingnya akan kabur.

 

6. Ciptakan petualangan di dalam rumah

Penelitian menunjukkan kucing benar-benar bahagia saat dia melakukan perjuangan untuk mendapatkan makanannya.

Ciptakanlah permainan seru dengan hadiah makanan kesukaan si meong. Misalnya cat lovers dapat melatih si meong membunyikan bel makanan tiap kali dia ingin makan atau membuat ‘peta harta karun’. Kucing harus melakukan petualangannya sendiri untuk menemukan makanan.

 

 

7. Cinta tanpa syarat

Yang terakhir dan paling penting, berikanlah cinta tanpa syarat pada si meong. Kucing adalah hewan yang sensitif, mereka bisa merasakan emosi pemiliknya. Kucing bisa membedakan manusia yang menyayanginya atau yang tak suka padanya.

Cinta tanpa syarat membuat kucing hidup lebih sehat, sebagian bahkan memiliki umur yang panjang, berkat energi bahagia.

Love your cat! Meooow.

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *