Fakta Kucing
0

“Kucingku, Dia Beneran Sayang Aku atau Pura-Pura Sayang Biar Dikasih Makan Sih?”

“Kucingku, Dia Beneran Sayang Aku atau Pura-Pura Sayang Biar Dikasih Makan Sih?”

Pertanyaan seperti, “Apakah kucingku beneran sayang aku? Atau dia cuma pura-pura sayang biar dikasih lebih banyak makanan?” sesekali mungkin terlintas dibenak pemilik kucing. Apalagi jika mengingat ada klaim yang mengatakan bahwa kucing sebenarnya tak butuh manusia buat hidup.

Jadi, katakanlah sejujurnya … Apakah kau sayang aku, Pus?

John Bradshaw, seorang ilmuwan ahli kucing dan penulis Cat Sense (Allen Lane, 2014) – memberitahu kita fakta sebenarnya tentang kucing.

“Kucing menyukai pemiliknya,” kata Bradshaw.

Mereka menunjukkan rasa sayangnya dengan dua cara, yakni : dengan menggosokkan kepalanya ke kaki Anda (atau kadang-kadang di dekat kaki kursi), dan dengan menjilati Anda (grooming).

Kedua perilaku tersebut adalah hal-hal yang kucing lakukan pada kucing lain untuk menunjukkan kasih sayang dan memperkuat persahabatan – bukan karena mereka menginginkan sesuatu.

NamunĀ cat lovers juga perlu ingat, bahwa kucing pada dasarnya adalah hewan teritorial. Mereka lebih terikat kuat dengan tempat tinggalnya dibanding dengan orang yang bersamanya.

“(Sifat) Ini adalah warisan sejak mereka masih jadi binatang buas,” kata Bradshaw.

“Yang paling penting bagi seekor kucing adalah tempat yang aman untuk beristirahat dan ‘wilayah perburuan’, jika tidak Anda bisa ‘dimakan’, atau Anda kelaparan, mereka belum kehilangan insting itu.”

Oh, kita bisa menarik nafas lega sekarang. Si Meong benar bisa menyayangi manusia.

Oh tapi, kita juga jadi tahu kalau … Tempat tinggal kita sekarang sudah menjadi daerah kekuasaan si meong, dialah Sang Raja di rumah kita.

Meoow!

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *