Fakta Kucing
0

Mengapa Kucing Sangat Menyukai Bau Kaki? Padahal kan …

Mengapa Kucing Sangat Menyukai Bau Kaki? Padahal kan …

Apakah cat lovers punya pengalaman kaki yang diam tiba-tiba ‘diterkam’ oleh si meong? Atau sedang berjalan biasa saja tapi kemudian dikejar tanpa alasan?

Ternyata, sebagian kucing memang terobsesi pada bau kaki manusia. Apakah sebabnya?

John Bradshaw, seorang ahli kucing dan penulis buku Cat Sense (Allen Lane, 2014) memberikan penjelasannya. Dikutip dari situs BuzzFeed.

“Kucing terobsesi pada kaki bisa jadi karena kebiasaan yang secara tidak sengaja dilatihkan pada kucing,” kata Bradshaw. Terutama kucing kecil, mereka merasa senang ketika menemukan tangan dan kaki yang ukurannya tidak berbeda jauh dengan tubuhya, apalagi saat bergerak-gerak.

“Kaki dan tangan kira-kira seukuran kucing,” kata Bradshaw. “Jadi Anda menemukan bahwa banyak anak kucing akan terpesona oleh mereka, terutama kaki telanjang, dan akan menerkam mereka dan berusaha bermain dengan mereka seolah-olah mereka adalah kucing lain.”

Beberapa kucing terbiasa dengan hal ini sampai mereka besar, sementara yang lainnya mungkin menghentikan kebiasaan tersebut karena pemiliknya tidak ingin kakinya tergores oleh kuku-kuku kucing.

Sebagian kucing juga senang mencium bau kaki karena kucing memiliki indera penciuman yang lebih berkembang daripada kita. Mereka memiliki kecenderungan untuk menyelidiki segala sesuatu yang berbau beda dengan sekitarnya – tapi hal ini sepertinya justru mengganggu.

Kaki adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi sebagai tumpuan, kadar garam dan bekas keringat berkumpul di bagian kaki lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya. Wajar jika aromanya tercium lebih tajam, dan .. si kucing yang kepo tertarik menyelidinya!

Bagaimana jika aroma kaki tercium sangat tajam? Biasanya kucing akan menyeringai dan bergerak menjauh, seolah ingin berteriak, ” Hai manusia .. cuci kaki sana! Bau tauu ..”. Hehehe. Siap, Meow!

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *