Fakta Kucing
0

Reaksi Kucing Ketika Ketemu Orang Baru, Menyukai atau Membencinya. Kok bisa ya?

Reaksi Kucing Ketika Ketemu Orang Baru, Menyukai atau Membencinya. Kok bisa ya?

“Kucingku itu aneh, dia pilih-pilih saat ketemu orang baru. Kalau bertemu orang yang dia sukai, dia akan mendekat dan bertingkah manis, tapi jika tidak suka, dia akan sembunyi atau hissing marah. Kenapa begitu ya? ”

Apakah cat lovers memiliki kucing yang bertingkah begitu? Si Meong pilih-pilih orang dan tanpa basa-basi menunjukkan rasa suka atau tidak sukanya. Kenapa mereka bertingkah seperti itu?

Menurut John Bradshaw, seorang ahli kucing, sikap kucing saat bertemu dengan orang baru sangat bervariasi.

Beberapa kucing tertarik dan tak keberatan bertemu dengan semua orang yang datang ke rumahnya, namun ada juga kucing yang malu-malu bahkan bersembunyi ketika ada tamu yang datang ke rumah. Ini tergantung seberapa sering mereka bersosialiasi dengan manusia selain pawrents-nya (pemiliknya).

Namun, kasus kucing pilih-pilih orang, bisa menyukai seseorang atau benci pada orang lainnya, termasuk sikap yang sulit dijelaskan. Kemungkinan hal itu berhubungan pengalaman di masa lalu, insting atau trauma yang diderita si meong.

“Beberapa kucing sangat rewel saat bertemu dengan orang yang tak disukainya, dan setiap kucing memiliki alasan sendiri,” kata Bradshaw.

“Mungkin hal ini berkaitan dengan peristiwa yang terjadi saat kucing masih kecil. Misalnya, saat kecil kucing mengalami kesakitan dan dia bertemu dengan orang yang beraroma tertentu, dia akan mengingat aromanya dan akan mengenali bau tersebut ketika sudah dewasa, bertahun-tahun kemudian. Meskipun beda orang.”

Jadi hal ini bukanlah kesalahan orang yang tak disukai kucing. Kucing pun sebenarnya tidak tahu pasti jika orang tersebut bukan orang yang sama dengan yang dia temui di masa lalunya.

Kucing dengan mudah bisa mengenali manusia yang akan bersikap baik padanya. Jika kita perhatikan, orang yang memiliki kucing di rumahnya biasa didatangi oleh kucing mana saja saat dia berada di luar rumah. Terutama saat di restoran atau rumah makan, kucing tanpa malu-malu datang mendekati dan meminta jatah makanan.

Disisi lain kucing memiliki insting akan datangnya bahaya yang mengancam. Jika ada orang yang berniat jahat datang ke rumah, kucing bersikap gelisah dan menggeram tanda ketakutan, seolah memperingatkan pemiliknya, “Oh nooo .. Hati-hati, kita dalam bahaya!”.

Wah ada keuntungannya juga ya ternyata, kucing bisa jadi alarm tanda bahaya. Meooow!

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *