Berita
0

Selamat Jalan Mayor Stubbs, ‘Wali Kota’ di Alaska yang Legendaris

Selamat Jalan Mayor Stubbs, ‘Wali Kota’ di Alaska yang Legendaris

Para fans Stubbs di seluruh dunia, dan tentu saja warga kota Talkeetna di Alaska kini sedang berduka. Wali Kota kesayangan mereka meninggal pada pada hari Kamis (20/07) pekan lalu di usia 20 tahun.

Stubbs menjabat sebagai Wali Kota kehormatan di Talkeetna sejak tahun 1997. Kota Talkeetna merupakan sebuah kota kecil yang berjarak 96 kilometer dari ibu kota Anchorage, di dekat Taman Nasional Denali. Talkeetna hanya memiliki 900 penduduk.

Keluarga Spone yang merupakan pemilik kucing itu menuturkan bagaimana Stubbs pergi dengan tenang dan damai. Seperti dilansir dari Reuters, Senin (24/7/2017).

Stubbs terakhir kali pergi tidur pada malam Kamis dan tidak bangun lagi keesokan harinya.

“Dia tetap menjadi prajurit hingga hari terakhirnya,” sebut keluarga Spone dalam pernyataannya.

Kota kecil Talkeetna tidak memiliki Wali Kota resmi. Pada tahun 1997, penduduk setempat menunjuk seekor anak kucing bernama Stubbs menjadi sosok Wali Kota kehormatan melalui voting. Sejak saat itu dia mendapat julukan ‘Mayor Stubbs’. Nama Stubbs merujuk pada ekornya yang pendek.

Menjabat sebagai Wali Kota, Stubbs dikenal sangat berdedikasi dalam menjalankan tugasnya. Dia disukai dan dihormati warga setempat serta menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Sebagian besar turis yang datang pasti selalu bertanya, “Di mana Wali Kota?” atau “Saya ada janji bertemu dengan Wali Kota”.

Keluarga Spone merupakan pemilik Nagley’s General Store, sebuah toko bersejarah yang menjadi jantung kota Talkeetna. Toko yang berdiri sejak tahun 1921 ini menjadi toko yang paling lama beroperasi di Northern Susitna Valley, Alaska.

Stubbs biasanya ikut berjaga di toko Nagley dan menjadikan toko itu sebagai kantornya. Dia menyambut warga serta turis yang datang. Mereka yang datang biasanya akan langsung membelai dan menggendong Stubbs kemudian mengajaknya berfoto bersama.

Saat menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota, Stubbs pernah menjadi korban serangan anjing pada tahun 2013. Stubbs menderita luka cukup serius. Beruntung dia masih bisa diselamatkan dan bertahan.

Menurut siaran persnya, Stubbs mulai jarang terlihat publik pada 2015 karena usianya yang sudah tua. Kondisi kesehatannya dilaporkan menurun, dan dia mengurangi kunjungan ke kantornya.

Pada 2017, Stubbs tak lagi mendatangi kantor.

“Stubbs sempat tampil di beberapa acara TV, tapi tidak menyukai kamera dan orang-orang di sana, terlalu ramai untuknya,” kata sang pemilik.

Setelah kepergian Stubbs, sang pemilik mengisyaratkan akan menjadikan Denali, anak kucing mereka yang lain, sebagai penggantinya.

“Kami tak bisa memberikan pengganti yang lebih baik daripada Denali, dia benar-benar mengikuti jejak Stubbs dalam hampir segala hal,” jelas si pemilik.

Selamat jalan, Mayor Stubbs … Terima kasih atas semua jasamu.

Selamat beristirahat dengan tenang di tempat baru yang lebih indah, Rainbow Bridge.

 

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *