Fakta Kucing
0

Tukang Tidur, Sebenarnya Berapa Lama Waktu Ideal Kucing Untuk Tidur?

Tukang Tidur, Sebenarnya Berapa Lama Waktu Ideal Kucing Untuk Tidur?

Terkenal aktif dan senang bermain, rupanya kucing memiliki jam tidur yang sangat panjang. Jadi jangan heran jika si meong sering dapat julukan si tukang tidur. Berapa lama sebenarnya waktu ideal yang diperlukan kucing untuk tidur?

Sebagai hewan predator, kucing membutuhkan waktu yang cukup dengan tidur untuk mengumpulkan energi. Berburu mangsa adalah kegiatan yang sangat melelahkan dan membutuhkan kekuatan besar.

Antara anak kucing, kucing dewasa dan kucing senior membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan sederhananya.

Anak Kucing 

Anak kucing membutuhkan lebih banyak tidur daripada kucing dewasa. Mereka menghabiskan hari dengan bermain dan mengeksplorasi sekelilingnya. Mereka menghabiskan banyak energi untuk tumbuh dan berkembang.

Bayi kucing yang baru lahir bisa menghabiskan waktu tidur 90% sepanjang harinya.

Anak kucing berusia 8 sampai 12 minggu bisa tidur 20 jam sehari, tapi itu tergantung pada aktivitas mereka. Anak kucing yang sangat energik bisa tidur lebih lama.

Cat lovers jangan khawatir, jika kucing kesayangan super aktif dan senang bermain, dia mungkin membutuhkan waktu tidur yang lebih lama lagi. Bagi anak kucing, permainan sangat penting untuk mengembangkan fungsi otot dan melatih mereka mengenali lingkungan tempat tinggalnya.

Namun perlu juga diperhatikan, jika anak kucing tidur hampir sepanjang waktu atau tampak lesu dan tidak tertarik dengan sekitarnya, mungkin dia sedang sakit. Bawa si meong ke dokter hewan sesegera mungkin.

Kucing Dewasa

Kucing dewasa umumnya tidur sekitar 15 sampai 18 jam sehari. Cuaca mempengaruhi jam tidurnya. Pada musim dingin kucing akan tidur lebih lama daripada saat musim panas.

Kucing yang aktif dan energik membutuhkan tidur siang yang lebih lama dan lebih nyenyak. Jadi jika kebetulan kucing cat lovers rewel atau susah tidur, ajaklah bermain untuk melepaskan energinya yang berlebihan.

Kucing dewasa sudah mampu beradaptasi dengan ritme harian manusia. Mereka cukup fleksibel, maka saat manusia tidur malam, mereka bisa ikut tidur meskipun mereka secara alami termasuk hewan nocturnal (aktif di malam hari).

Yang perlu diwaspadai adalah perubahan mendadak dari perilakunya, termasuk pola tidurnya. Jika kucing tidur lebih lama dari biasanya, terlihat lesu dan tidak bersemangat, cek segera kondisi kesehatannya.

Kucing Senior

Seiring bertambahnya usia, kucing senior membutuhkan waktu tidur yang lebih lama, sama halnya seperti anak kucing. Mereka membutuhkan tidur siang dan waktu tidur lebih lama daripada kucing dewasa. Rata-rata 20 jam sehari.

Kucing senior senang tidur di permukaan yang lembut dan hangat atau tempat-tempat baru yang terlihat nyaman. Berbeda dengan kucing dewasa yang bisa tidur dimana saja, seperti diatas lantai.

Sediakan saja bantal, kasur kucing atau tumpukan kain bersih yang sudah terpakai. Biarkan si meong senior bebas memilih tempat tidur yang disukainya.

Jika kucing senior mulai terlihat tidak nyaman dalam tidurnya serta berkurang jauh waktu istirahatnya, bisa jadi hal itu menunjukkan tanda-tanda hipertiroidisme. Disarankan untuk mengecek kesehatannya secara rutin.

Sleep tight and keep healthy, Meow!

 

Source : www.catster.com

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *