Fakta Kucing
0

7 Cara Supaya Kucing Mudah Percaya Pada Kita

7 Cara Supaya Kucing Mudah Percaya Pada Kita

Sebenarnya kucing bukanlah hewan yang ramah dan mudah percaya pada manusia. Secara alami kucing cenderung mandiri dan hanya mau berdekatan dengan manusia yang dipercayainya.

Namun, jika Anda mengadopsi kucing atau kebetulan pindah ke rumah baru, penting untuk membangun kepercayaan si meong pada kita. Karena jika tidak, kucing akan menjadi galak dan sulit dikendalikan.

Berikut ini 7 cara yang bisa dilakukan supaya kucing mudah percaya pada kita.

#1 Bersikap tenang dan tidak berisik

Kucing benci dengan suasana heboh karena itu membuatnya stres, bersikaplah lebih tenang dan rileks supaya kucing tidak panik. Saat bertemu dengan orang yang bersuara keras atau marah-marah, kucing pasti menjauh dan tak mau mendekat.

#2 Sediakan ruangan khusus untuk kucing

Sebagai hewan teritorial, kucing membutuhkan tempat khusus yang akan diklaim sebagai wilayah kekuasannya. Jika tak ada ruangan, Anda bisa menyediakan kardus, kandang yang nyaman atau cat tree yang bebas dari gangguan.

#3 Beri kesempatan pada kucing untuk mengeksplorasi lingkungan barunya

Pengenalan lingkungan baru merupakan hal pertama yang akan dilakukan kucing saat dia baru saja masuk rumah. Biarkan kucing bebas mengeksplorasi ruangan atau seantero rumah supaya timbul rasa aman. Ketika kucing sudah merasa aman, maka dia akan mudah mempercayai manusia yang ada di sekitarnya.

Foto : Pixabay

#4 Berikan makanan dan minuman di tempat yang mudah dijangkau oleh kucing

Saat belum muncul rasa percaya, kucing cenderung menolak untuk makan ataupun minum. Tempatkan makanan dan minuman di lokasi yang mudah dijangkau oleh kucing, namun jangan paksa dia makan. Kucing akan makan sendiri saat sudah lapar dan mulai merasa tenang.

Pada kucing liar, jika kita konsisten memberinya makan, maka dia akan mudah percaya pada kita dan menjadi jinak.

#5 Berikan alas tidur atau cat bed 

Kucing senang tidur diatas tumpukan kain atau kasur yang empuk. Anda dapat membuatkan tempat tidur dari kardus dialas dengan kain atau cat bed jika ada. Tidur yang nyenyak tanpa gangguan membuat kucing merasa lebih nyaman dan percaya dengan lingkungannya yang baru.

#6 Berikan stimulasi positif

Belaian yang menenangkan dan kata-kata positif bisa dimengerti oleh kucing. Jangan ragu untuk ‘berbicara’ dan menyampaikan kata-kata positif pada si meong. Memberikan pujian, “kucing pintar, kucing manis atau anak baik…” terbukti dapat membantu.

#7 Lakukan kontak dengan kucing

Jika kucing sudah mau makan atau mulai menjilati bulunya, itu tandanya kucing sudah merasa lebih aman dan nyaman. Ajak kucing untuk bermain, meletakkannya di pangkuan atau menggendongnya. Semakin sering melakukan kontak dan berinteraksi dengan kucing maka tingkat kepercayaan kucing pada kita akan semakin tinggi.

Selamat mencoba! Meooow.

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *