Fakta Kucing
0

Cara Mudah Membedakan Jenis Kelamin Anak Kucing Jantan dan Betina

Cara Mudah Membedakan Jenis Kelamin Anak Kucing Jantan dan Betina

Jika dilihat sepintas, kucing jantan dan betina memiliki penampakan yang hampir sama. Apalagi anak kucing yang baru lahir. Sebagian catlovers mungkin mengalami kesulitan membedakan jenis kelaminnya.

Berikut ini cara mudah membedakan jenis kelamin anak kucing.

Source : quora.com

Periksa bagian sekitar anus

Memastikan jenis kelamin anak kucing tentu dengan memeriksa bagian sekitar anus (di bawah pangkal ekor). Peganglah bagian perut kucing dengan satu tangan dan tangan lainnya memegang ekornya.

Kemudian hadapkah bagian belakang kucing ke depan wajah kita, jika perlu tiuplah area pada sekitar anus, terutama untuk anak kucing yang memiliki bulu panjang.

Kita sering salah menentukan jenis kelamin anak kucing karena daerah sekitar anus tertutup bulu. Cat lovers juga dapat membasahi bulu sekitar anus dengan sedikit air agar dapat lebih jelas melihat alat kelamin anak kucing.

Yang agak susah adalah menentukan jenis kelamin kucing jantan. Hal ini karena pada anak kucing jantan testis belum berkembang sempurna hingga berusia sekitar 2 bulan.

Anak kucing jantan mempunyai lubang berbentuk lingkaran kecil di bawah anus. Lingkaran kecil ini akan berkembang menjadi testis saat sudah semakin dewasa. Sedangkan pada kucing betina tidak terdapat lingkaran kecil ini.

Source : cuteness.com

Perbedaan jarak 

Jarak antara anus dan lubang saluran kencing antara kucing jantan dan betina berbeda. Pada kucing jantan jarak antara anus dengan lubang penis lebih lebar karena pada tempat ini akan tumbuh testis.

Pada kucing betina jarak anus dan vulva lebih berdekatan dan berbentuk seperti tanda seru terbalik.

Source : wikihow

Ciri Fisik 

Kucing jantan memiliki kepala yang lebih besar dibanding kucing betina. Badan mereka juga lebih besar dan kekar.

Ciri fisik lain bisa dilihat dari warna bulu. Kucing yang berwana calico, dilute calico, tortie, blue cream atau pacthed tabby biasanya berjenis kelamin betina. Namun terkadang ada anak kucing jantan yang lahir dengan kromoson ekstra, berjenis kelamin jantan tapi memiliki warna bulu seperti kucing betina. Jadi periksalah jenis kelamin anak kucing dengan teliti untuk memastikannya.

Bagaimana, cat lovers? Ternyata mudah ya mengenali anak kucing jantan dan betina … Nggak akan salah mengenali anak kucing lagi deh! Meoow.

 

 

 

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *