Fakta Kucing
1

7 Kucing Asli Indonesia, Wajib Dijaga dan Dilestarikan

7 Kucing Asli Indonesia, Wajib Dijaga dan Dilestarikan

Selain memiliki adat dan budaya yang beraneka ragam, Indonesia juga dianugerahi kekayaan alam yang sangat kaya. Bermacam flora dan fauna unik hidup disini, termasuk kucing-kucing ras asli yang mungkin tak banyak orang tahu keberadaannya.

Kucing-kucing ini memang hidup jauh dari manusia, beberapa endemik hanya di pulau tertentu. Keberadaannya yang semakin langka karena banyak faktor membuat eksistensinya terancam.

Berikut ini 7 spesies kucing asli Indonesia yang unik dan eksotis. (Jangan ditangkap/diburu, jangan diperjualbelikan, mari kita jaga dan lestarikan bersama!)

1. Kucing Hutan

Kucing Hutan atau Blacan ini sering dijuluki Asian Leopard Cats (ACL) karena corak bulunya yang mirip leopard.

Sayangnya si cantik Blacan ini sering jadi objek buruan. Padahal ada hukuman yang tegas bagi yang menangkap atau memperjualbelikan Blacan lho.

2. Kucing Bakau 

Kucing bakau banyak ditemukan di hutan bakau, rawa, hingga tepian sungai di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra.

Kucing ini termasuk unik karena tidak takut air dan bisa menyelam untuk mencari mangsa berupa ikan, katak, dan udang. Kucing Bakau termasuk hewan yang dilindungi.

3. Kucing Batu 

Kucing Batu bisa ditemukan di hutan Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Kucing batu memiliki keunikan tersendiri, yakni bisa memanjat pohon dengan cepat. Kucing Batu juga termasuk hewan yang dilindungi!

4. Kucing Emas 

Masyarakat Sumatera menyebut kucing emas dengan sebutan “Harimau Kijang”. Banyak yang percaya kucing berwarna emas ini memiliki daya magis, sehingga banyak orang yang memburunya dan ingin memilikinya. Populasi kucing ini tidak diketahui secara pasti, apalagi jika terus diburu. Oh, tidak!

Sebenarnya kucing emas sudah pernah dianggap punah pada tahun 2005 sampai akhirnya sebuah gambar kucing ini tertangkap kamera di wilayah Way Kambas, Lampung. Sejak saat itu kucing ini dilindungi oleh undang-undang. Please, jangan diburu ya!

5. Kucing Kepala Datar 

Kucing kepala datar atau Flat Headed Cat ini bisa ditemukan di hutan Kalimantan dan Sumatera.

Diperkirakan jumlah kucing langka ini sekarang tak lebih dari 3000 ekor. Sejak 2008 kucing ini sudah dikategorikan sebagai hewan yang hampir punah oleh IUCN.

6. Kucing Merah 

Kucing endemik Pulau Kalimantan ini memiliki bulu berwarna merah yang unik, seperti namanya.

Kucing yang dijuluki Bornean Bay Cat ini keberadaanya juga dikategorikan sebagai hewan hampir punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

7. Kucing Busok/Raas 

Kucing yang berwarna khas abu-abu ini tinggal di Pulau Raas Madura. Kucing Busok masih memiliki galur ras yang murni, belum bercampur dengan gen dari ras kucing lainnya.

Kucing ini sangat dilindungi oleh penduduk pulau karena keberadaannya yang langka dan juga mitos yang dipercaya masyarakat setempat.

 

MeowMagz : Dari berbagai sumber

 

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 1 komentar

  • Ella says:

    baru tau saya kalau indonesia juga memiliki banyak jenis kucing yang berbeda, bagus-bagus malah.. saya suka yang model kucing hutan sama kucing bukos. udah kayak kucing luar negri bulunya… mantep dah, tapi sayangnya mungin populasinya terbatas sampai dilindungi. coba aja banyak pasti saya juga bakal pelihara jenis kayak gitu.

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *