Fakta Kucing
0

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemilik Kucing

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemilik Kucing

Memelihara kucing membutuhkan tanggung jawab yang besar, seperti halnya ‘anak’ yang membutuhkan perhatian dan perlindungan dari orang tuanya. Hal ini karena kucing termasuk hewan cerdas dan tahu apa yang terbaik untuknya.

Namun seringkali pemilik kucing, baik disengaja maupun tidak melakukan kesalahan pada kucingnya. Apa saja kesalahan yang sering dilakukan pemilik kucing pada kucingnya?

#1 Memberi makan terlalu banyak 

Kucing memang tampak selalu kelaparan, namun memberi makan terlalu banyak justru dapat membahayakan kucing. Makan tanpa kontrol membuat kucing kegemukan, akibatnya justru lebih mudah sakit.

Demikian juga saat memberikan suplemen atau vitamin, konsultasikan dengan dokter supaya tidak berlebihan. Kesehatan kucing kesayangan merupakan hal yang terpenting, bukan kucing yang kegemukan walaupun terlihat lucu.

#2 Sering memarahi dan menghukum 

Kucing bisa dilatih supaya berperilaku baik, namun terlalu sering memarahi atau menghukumnya dapat membuatnya stres. Daripada membuang energi dengan marah-marah pada kucing, lebih baik mencari tahu apa yang membuat kucing Anda nakal.

Berikan hukuman hanya jika kucing melampui batas dan gunakan metode yang tidak menyakitkan seperti memasukkan ke dalam kandang untuk sementara.

Image : Pixabay

#3 Enggan membawa kucing ke dokter 

Pemilik kucing sering mengabaikan tanda-tanda saat kucingnya sakit atau lebih memilih melakukan tindakan sendiri untuk menolong kucingnya. Padahal menolong kucing lebih susah karena ia tak bisa mengatakan rasa sakit yang dirasakan.

Setiap hewan peliharaan berbeda kebutuhan obat dan penanganan kesehatannya, maka membawanya ke dokter saat sakit merupakan pilihan yang benar. Jika harus melakukan perawatan sendiri di rumah, usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter.

#4 Membiarkan kucing berkeliaran di lingkungan yang kurang mendukung 

Kucing memang memiliki rasa penasaran yang tinggi. Naluri berburunya membuatnya senang berkeliaran dan pergi dari rumah.

Jika Anda tinggal di lingkungan penyayang binatang, mungkin tak masalah membiarkan kucing bebas berkeliaran. Namun, jika kondisi lingkungan tidak mendukung, jangan coba-coba melepaskan kucing Anda ke luar rumah tanpa pengamanan.

Image : Pixabay

#5 Malas membersihkan kotak pasir 

Kebersihan merupakan isu paling penting bagi kucing. Diantara semua hewan, bisa jadi kucing merupakan hewan yang paling menjaga kebersihan. Setiap hari kucing akan ‘mandi’ dengan menjilati bulu-bulunya sendiri. Kotoran pun dia tutup supaya tidak terlihat dan tercium baunya.

Litter box yang kotor dan tidak dibersihkan membuat kucing stres, akibatnya dia akan pup atau pee di tempat sembarangan. Kucing juga bisa lebih agresif karena merasa tidak nyaman.

#6 Membandingkan kucing satu dengan lainnya

Melihat kucing lain yang pintar seringkali membuat pemilik kucing ingin melatih kucingnya supaya berperilaku sama.

Namun perlu diingat, masing-masing kucing memiliki kepribadian dan kecerdasan yang berbeda. Jangan memaksa kucing melakukan sesuatu yang ia tak suka, seperti memakaikan baju atau assesoris yang tak nyaman baginya hanya karena ingin kucing kesayangan tampak lucu dan keren.

#7 Menolak mengebiri kucing rumahan

Memilih mengebiri kucing merupakan pilihan yang bijak bagi pemilik kucing rumahan. Rasa kasihan melihat kucingnya dikebiri seringkali membuat pemilik kucing membiarkan kucingnya berkembang biak tak terkontrol. Padahal semakin banyak kucing akan semakin susah untuk merawat dan memenuhi semua kebutuhannya, biaya yang dibutuhkan pun bisa tak terhingga. (MeowMagz)

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *