Fakta Kucing
1

Bikin Kotor Tapi Dibuang Sayang? Ini dia, Manfaat Hebat Bulu Kucing

Bikin Kotor Tapi Dibuang Sayang? Ini dia, Manfaat Hebat Bulu Kucing

Setiap hari, selain membersihkan litter box, pemilik kucing atau anjing juga harus berurusan dengan bulu-bulu yang jatuh. Bulu-bulu yang bertebaran ini sering menjadi masalah yang menyebalkan. Butuh banyak kesabaran untuk mengatasinya.

Sudah biasa jika bulu-bulu mati berjatuhan di lantai, mengotori perabotan dan pastinya menempel di baju. Sapu, vacum dan stick roller menjadi ‘senjata’ andalan bagi para pemilik hewan.

Namun, tahukan Anda jika bulu-bulu kotor itu ternyata punya manfaat yang menakjubkan? Beberapa pemilik bahkan sengaja mengumpulkan bulu-bulu hewan kesayangannya karena tak mau membuangnya lho.

Berikut ini 6 manfaat hebat bulu kucing, dikutip dari Rodalesorganiclife.com.

1. Gunakan untuk mencegah hama tanaman

Bulu kucing dapat digunakan sebagai pestisida alami. Letakkan bulu-bulu di sekitar batang tanaman untuk menjaga dari serangan hama seperti siput dan cacing. Hewan-hewan pengerat yang takut pada kucing seperti tikus atau curut juga tak akan berani mendekat dan merusak tanaman jika menemukan ada bulu kucing disana.

2. Masukkan ke dalam tanah dan jadikan sebagai penyubur lahan

Bulu hewan mengandung nitrogen dalam jumlah yang baik dan dapat dijadikan sebagai nutrisi tanah. Saat terurai bulu itu akan membantu tanah mempertahankan lebih banyak kelembaban sambil mengeluarkan gas ramah tanaman.

3. Gunakan sebagai pupuk kompos

Kompos yang baik terdiri dari campuran coklat (bahan tanaman yang dikeringkan) dan campuran hijau. Rambut dalam berbagai bentuknya dapat dianggap sebagai komponen hijau dari kompos. Jadi, jangan ragu memasukkan bulu-bulu bekas sisiran si meong ke dalam pupuk kompos.

4. Membuat craft atau barang kerajinan dari bulu

Kelihatan rumit? Percayalah banyak pemilik hewan peliharaan yang membuat craft dari bulu-bulu hewan kesayangannya. Mulai dari perhiasan, dompet, tas hingga baju rajut. Beragam alasannya, tapi terutama karena ingin selalu bersama hewan kesayangannya, dimanapun berada, meski hanya dengan bulunya.

5. Berikan pada burung untuk membuat sarangnya

Burung membuat sarangnya dengan menggunakan bermacam material lembut yang mereka temukan, seperti rumput atau ranting kecil. Bulu-bulu hewan peliharaan yang dikumpulkan dapat diberikan pada burung. Sarang akan lebih hangat dan nyaman. Tak hanya itu, predator yang mengincar anak burung akan mengurungkan niatnya saat mencium aroma bulu kucing dari sarang. Hanya saja, pastikan bulu-bulu hewan peliharaan bebas dan kutu dan telor kutu supaya burung tak tertular.

6. Donasikan untuk program lingkungan hidup 

Ya, rambut manusia atau bulu-bulu hewan dapat disumbangkan untuk membantu program lingkungan hidup. Contohnya, The Clean Wave Program.

Kumpulan rambut tersebut dibuat menjadi menjadi jaring raksasa yang dapat digunakan untuk menyerap tumpahan minyak di laut, membersihkan saluran air yang terkontaminasi, dan membantu saluran air hujan. Keren kan?

Semoga bermanfaat. Meooow!

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 1 komentar

  • rian says:

    Wah, pengetahuan baru!! Trims ya 😺

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *