Tips and Tricks
0

Jangan Panik, Inilah 3 Langkah Mudah Mengamankan Hewan Peliharaan Saat Gempa Bumi

Jangan Panik, Inilah 3 Langkah Mudah Mengamankan Hewan Peliharaan Saat Gempa Bumi

Gempa bumi? Jangan panik, tetaplah berusaha tenang dan berpikir langkah penyelamatan yang paling mudah dilakukan. Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, keselamatan hewan kesayangan juga perlu untuk dipikirkan saat situasi krisis.

Berikut ini 3 langkah mudah mengamankan hewan peliharaan ketika terjadi gempa bumi.

Drop –  Begitu merasakan bumi bergetar dan terasa bergoyang, sebagian besar hewan juga akan merasakan panik dan ketakutan. Sebagian hewan mungkin akan mencakar atau menggigit jika Anda memaksa memegangnya, lepaskan mereka supaya bisa mencari tempat perlindungan sendiri. Secara insting hewan dapat mencari tempat persembunyian yang menurutnya paling aman.

Jika bersama anjing, pemilik anjing dapat memberi contoh untuk tiarap di lokasi yang aman. Anjing yang terlatih dapat mengikuti tindakan pemiliknya.

Cover  – Saat gempa berlangsung, jika Anda berada di dalam ruangan dan tak sempat melarikan diri, berlindunglah di kolong tempat tidur atau meja yang cukup kuat. Menjauh dari lemari dan benda-benda berat. Jika ada helm, kenakan untuk melindungi kepala. Jika tidak, Anda dapat menutupi kepala dengan kedua tangan.

Hal demikian berlaku untuk hewan peliharaan, upayakan tempat perlindungan mereka cukup kuat untuk menahan reruntuhan. Anda dapat mengarahkan anjing atau kucing ke kolong tempat tidur, kursi atau meja dari kayu yang kuat.

Hold on – Bertahanlah di tempat yang aman sampai getaran gempa berakhir. Jika hewan peliharaan kabur saat gempa berlangsung, segera cari mereka ketika situasi sudah aman. Mereka mungkin akan jadi agresif dan stres, tenangkan mereka dan bawa kembali ke tempat yang aman.

Jika kebetulan hewan peliharaan Anda sudah dipasangi dengan GPS pet tracker sebelumnya, tentu akan lebih mudah menemukannya.

Sebagian orang percaya, hewan memiliki kemampuan memprediksi gempa bumi. Mereka bertingkah aneh beberapa menit atau bahkan beberapa hari sebelumnya. Hewan-hewan terlihat kebingungan, stres dan ketakutan. Fenomena ini disebut Seismic Escape Response, kemungkinan terkait dengan kemampuan hewan mendengar frekuensi tinggi dari suara batuan dan lempeng yang sedang bergerak, jauh dari dalam bumi.

Meski begitu, sampai sekarang tak ada yang bisa memprediksi secara tepat kapan gempa bumi atau bencana alam akan terjadi. Maka yang terbaik adalah lakukan persiapan sebelum bencana itu datang. (sku/fs)

 

Referensi : http://blog.adoptandshop.org/earthquake-safety-pets/

 

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *