kebersihan
0

Kesal Si Meong Pipis Sembarangan? Begini Cara Mengatasinya …

Kesal Si Meong Pipis Sembarangan? Begini Cara Mengatasinya …

Sudah disediakan litterbox tapi si meong masih bandel pipis di sembarang tempat? Jangan khawatir, ada bermacam cara yang bisa cat lover coba untuk mengatasinya.

Pertama, pemilik kucing wajib mencari tahu alasan si kucing pipis sembarangan. Kucing selalu punya alasan kenapa dia berperilaku menjengkelkan seperti itu.

Biasanya kucing tua atau kucing jantan yang baru beranjak dewasa yang senang pipis di sembarang tempat.

Jika hal itu dilakukan oleh kucing muda, tandanya dia sedang berusaha menandai wilayah teritorialnya. Saat usianya sudah cukup dewasa, dia akan menghentikan kebiasaan buruknya itu.

Akan tetapi, jika itu dilakukan oleh kucing yang sudah tua, kemungkinan merupakan pertanda adanya sakit yang diderita. Bawalah ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

Namun, kucing lain, bisa juga tiba-tiba pipis sembarangan jika dia merasa stres atau ada hal yang membuatnya kurang nyaman.

Kedua, bersihkan bekas pipis sampai benar-benar bersih dan baunya hilang. Bekas pipis kucing termasuk yang sulit untuk dibersihkan dengan tuntas.

Gunakan kain lap atau bekas handuk untuk menyerap air kencing, kemudian taburkan baking soda pada bekas pipis. Setelah itu pel bersih dengan larutan desinfektan.

Untuk bekas kencing yang sudah mengering, cat lover dapat menggunakan larutan cuka. Caranya, semprotkan larutan cuka kemudian sikat dan keringkan. Meski tak terlalu terlihat oleh mata, air kencing yang sudah kering tampak bersinar dalam gelap.

Ketiga, periksa kebersihan litterbox dan lokasinya. Kucing adalah hewan pecinta kebersihan, mereka tak akan mau menggunakan litterbox yang kotor atau lupa dibersihkan.

Kucing juga lebih senang jika tempat buang hajatnya berada di lokasi yang tenang dan jauh dari gangguan. Tempatkan litterbox di tempat yang sepi namun mudah dijangkau.

Keempat, jangan menggunakan larutan sabun yang mengandung amoniak. Karena, bukannya membersihkan dan menghilangkan bau kencing, justru aroma kencing semakin kuat. Tentu saja, kucing akan kembali pipis di tempat itu.

Kelima, steril kucing rumah cat lover saat usianya masih muda. Kucing yang sudah berusia diatas 4-6 bulan sudah dapat disteril.

Selamat mencoba. Bye bye, peep!

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *