Fakta Kucing
0

Benarkah Kucing Dapat Melihat Hantu? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Benarkah Kucing Dapat Melihat Hantu? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Sebagian orang percaya kalau kucing atau anjing dapat melihat hantu. Buktinya adalah mereka akan bertingkah aneh dan tak wajar ketika menemukan sesuatu yang ganjil. Duh, kok serem ya?

Tapi cat lovers jangan takut duluan, ada penjelasan ilmiahnya kenapa kucing atau anjing kita kadang tiba-tiba seperti melihat sesuatu yang tak kasat mata.

Menurut sains, kucing dan anjing memang dapat melihat spektrum sinar UV yang tidak terlihat oleh mata manusia. Kemampuan tersebut berguna untuk memudahkan mereka saat mencari makan dan melindungi diri dari predator.

Penelitian beberapa tahun lalu, yang dilakukan oleh ahli biologi dari City, University of London, menemukan karakteristik dari sinar UV.

Sinar UV adalah gelombang panjang di luar cahaya yang terlihat, berwarna merah atau ungu.

Para ilmuwan mempelajari lensa mamalia yang mati, termasuk kucing, anjing, monyet, musang, landak dan panda. Mereka meneliti berapa banyak cahaya yang melewati lensa untuk mencapai retina, kemudian menyimpulkan bahwa beberapa mamalia dapat melihat sinar UV.

Kucing dan anjing adalah dua jenis mamalia ini yang jelas dapat melihatnya. Jadi, sebenarnya yang dilihat kucing atau anjing itu adalah spektrum sinar UV.

Jadi, alih-alih ketakutan dengan perilaku kucing yang aneh itu, justru kita bisa merasa aman karena ada ‘super cat’ yang menjadi penjaga di sekitar kita.

 

Image : Pixabay

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *