kesehatan
0

Membuat Sendiri Makanan Untuk Kucing Persia

Membuat Sendiri Makanan Untuk Kucing Persia

Kucing Persia memang cantik, bulu-bulunya yang halus dan panjang membuat orang ingin mengelusnya. Sebanding dengan kecantikannya, perawatan kucing Persia juga tidak murah. Setidaknya, pemilik kucing Persia harus memberikan makanan berkualitas supaya kucingnya tetap sehat.

Membelikan makanan khusus untuk kucing Persia bisa menjadi pilihan, namun sudah bukan rahasia jika harganya relatif mahal. Maka membuat sendiri makanan untuk kucing Persia bisa saja dilakukan. Selain biayanya lebih murah, makanan juga lebih sehat karena tidak mengandung pengawet, pewarna, perasa dan berbagai zat kimia lain.

Membuat makanan kucing Persia sebenarnya tidak terlalu susah. Namun pemilik kucing harus memperhatikan kandungan gizi yang ada pada bahan makanan dan disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi kucing. Makanan harus mengandung : protein, karbohidrat, asam lemak, vitamin, mineral, serat dan air.

Tak hanya nutrisi, makanan untuk kucing Persia juga perlu ditambah dengan bermacam vitamin untuk menjaga keindahan bulunya. Misalnya Vitamin B, yang berfungsi untuk membuat bulu sehat, mengkilap, dan lembut.

Bahan makanan yang mengandung protein berasal dari daging-dagingan atau ikan. Daging dan ikan mengandung asam lemak, asam amino, dan vitamin yang dibutuhkan kucing Persia.

Kucing Persia membutuhkan sedikit karbohidrat, pawrents dapat menggunakan oat meal, gandum utuh, atau beras merah, tapi hindari penggunaan nasi putih.

Kebutuhan akan serat dapat diperoleh dari ubi, labu kuning, kentang, dan sebagainya.

Tambahan Vitamin B yang penting bagi kucing Persia dapat diperoleh dari minyak ikan salmon atau susu kambing.

Berikut ini beberapa resep makanan untuk kucing Persia yang bisa dibuat sendiri oleh pawrents. 

Resep Ayam 

Bahan : ayam rebus 1 cangkir, beras merah 1 sendok, brokoli dan wortel kukus 1/4 cangkir, minyak ikan salmon dan air kaldu ayam secukupnya.

Campurkan semua bahan. Sajikan selagi hangat.

Resep Daging Sapi 

Bahan : daging sapi rebus 1 cangkir, kentang atau ubi kukus 1/4 cangkir, wortel rebus (potong dadu), air kaldu sapi.

Aduk atau blender semua bahan hingga tercampur rata. Sajikan.

Resep Ikan Tuna 

Bahan : Ikan tuna kukus (buang durinya) 1 cangkir, tempe rebus 1 potong, labu kuning rebus, air secukupnya.

Campurkan semua bahan. Sajikan selagi hangat. Jika masih tersisa, simpan di kulkas. Hangatkan kembali saat ingin diberikan pada kucing lagi.

Selamat mencoba!

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *