kesehatan
0

Tips Menyimpan ‘Wet Food’ atau Makanan Basah Kucing

Tips Menyimpan ‘Wet Food’ atau Makanan Basah Kucing

Pada umumnya kucing lebih menyukai wet food atau makanan basah dibanding makanan kering. Aromanya yang tajam menggugah selera makan si meong. Namun, perlu teknik penyimpanan khusus agar wet food awet dan layak konsumsi.

Makanan basah memang tidak bisa bertahan lama berada dalam suhu ruang. Lebih dari 4 jam di ruangan terbuka wet food sudah tidak segar lagi dan bakteri mulai berkembang biak. Maka, berikanlah wet food dalam porsi sekali makan habis. Jangan biarkan tersisa dalam mangkuk.

Makanan basah biasa dikemas dalam bentuk sachet atau kaleng. Wet food sachet dikemas untuk porsi sekali makan, berbeda dengan kalengan yang dapat digunakan berkali-kali.

Nah, supaya wet food kalengan awet, berikut ini tips menyimpannya agar tetap layak dikonsumsi si meong.

1. Segara tutup kaleng setelah dibuka. Beberapa produk wet food kalengan sudah menggunakan penutup plastik sehingga lebih memudahkan saat disimpan. Jika belum memiliki tutup plastik, cat lovers dapat menggunakan plastik bening atau alumunium foil kemudian diikat rapat dengan karet.

2. Masukkan ke dalam lemari es dalam suhu 4-7 derajat celcius atau tempatkan pada bagian chiller atas jika masih akan lama diberikan. Jangan dimasukkan ke dalam freezer karena akan mengubah rasa dan teksturnya.

3. Jangan menyimpan wet food lebih dari 7 hari di dalam kulkas. Usahakan wet food habis dikonsumsi dalam waktu 3 – 5 hari.

4. Berikan label atau tuliskan tanggal pada kaleng kapan pertama kali dibuka supaya bisa diingat kapan makanan masih layak atau tidak layak untuk konsumsi.

5. Gunakan sendok yang bersih saat mengambil wet food dari kaleng. Sendok yang kotor berpotensi menyebarkan bakteri ke dalam makanan.

Demikian beberapa tips menyimpan wet food kalengan. Meskipun wet food tidak sepopuler dried food, namun sebagian pemilik kuricng beranggapan wet food lebih menyehatkan sebagai makanan harian kucing kesayangannya.

Semoga bermanfaat!

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *