kesehatan
0

4 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Memberikan Makanan Pada Kucing

4 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Memberikan Makanan Pada Kucing

Ritual makan merupakan aktivitas yang paling ditunggu oleh si Meong. Supaya kucing kesayangan semakin bersemangat ketika tiba waktu makan, berikut ini 4 hal penting yang perlu diperhatikan oleh pemilik saat memberikan makanan pada kucing.

1. Jenis Makanan

Berikan makanan sesuai dengan usia dan kebutuhan kucing. Pemberian makanan yang tepat selain membuat kucing sehat juga membuat penampilannya semakin cantik dan menggemaskan. Karena kucing merupakan hewan karnivora murni, berikan makanan yang kandungan proteinnya tinggi. Kurangi pemberian makanan dengan komposisi karbohidrat berlebih karena tak bisa dicena oleh kucing.

Berhati-hati memberikan makanan manusia kepada kucing. Tidak semua makanan manusia dapat diterima oleh kucing, beberapa justru berbahaya, seperti coklat dan bawang.

Makanan kucing yang tidak cocok bisa menimbulkan berbagai masalah, terutama masalah kesehatan. Variasikan makanan basah dan kering secara proporsional untuk hasil terbaik. Pemilik kucing dapat mengkonsultasikan jeniis makanan yang tepat dengan dokter hewan.

2. Porsi Makanan

Porsi makanan kucing sebaiknya disesuaikan dengan usia kucing. Kebutuhan makanan kucing dewasa dan anak kucing jelas berbeda. Anak kucing dan induk kucing yang sedang hamil atau menyusui membutuhkan lebih banyak asupan makanan.

Jika ingin mendapatkan takaran makanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan si meong, pemilik kucing dapat menimbang berat badan kucing secara berkala.

Makan berlebihan menimbulkan resiko obesitas yang berbahaya buat kucing. Selain kucing menjadi malas dan kurang lincah, resiko terkena bermacam penyakit dalam juga mengintai.

3. Tempat Makan

Sebaiknya gunakan tempat makan yang terbuat dari material keramik atau stainless. Bahan tersebut mudah dibersihkan dan lebih aman bagi kucing.

Sebaliknya, hindari penggunakan bahan makanan dari plastik. Selain sulit dibersihkan, penggunaan jangka panjang bahan plastik bisa menyebabkan alergi.

Jika memiliki beberapa kucing, berikan masing-masing kucing tempat makannya sendiri. Kucing tidak suka berbagi makanan dengan temannya. Jangan biarkan mereka berebut hingga berujung pada perkelahian.

4. Waktu Makan

Usahakan memberikan makanan kucing secara rutin pada waktu-waktu yang sama. Hal ini untuk melatih disiplin supaya kucing tidak terus menerus minta makan.

Pemberian makanan secara teratur juga melatih kucing supaya tidak mengganggu pemilik kucing ketika makan. Kucing tahu sudah memiliki makanan dan waktu makan sendiri.

Semoga bermanfaat!

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *