Tips and Tricks
0

10 Cara Efektif Menggemukkan Kucing Kampung

10 Cara Efektif Menggemukkan Kucing Kampung

Siapa bilang kucing kampung itu kampungan? Jika dirawat dengan benar, maka kucing kampung tak kalah cantik dibanding kucing ras.

Kucing yang terlihat gemuk tentu menggemaskan, namun perlu diingat, kucing harus tetap sehat dan tidak overweight. Jadi gemuk yang dimaksud disini adalah montok ideal ya, cat lovers.

Berikut ini 10 tips cara menggemukkan kucing kampung.

1. Berikan makanan protein tinggi
Sebagai hewan karnivora kucing membutuhkan asupan protein yang tinggi. Perbanyaklah memberikan daging, telor atau ikan dibanding nasi. Protein yang tinggi berguna untuk menambah massa otot dan berat badan.
Cat lover dapat memilih aneka produk makanan kucing dengan kadar protein yang cukup tinggi. Bagaimana jika terasa mahal? Cat lover dapat membuat sendiri makanan kucing dengan menggunakan bahan makanan yang murah, contoh kepala ayam atau ikan cuwe.

2. Menambah nafsu makan
Tambahkan suplemen makanan yang merangsang nafsu makan. Berikan lebih sering makanan favoritnya supaya si meong lebih bersemangat makan. Setiap kucing mungkin saja berbeda, ada yang lebih menyukai ayam sementara yang lain menggemari ikan. Kenali makanan kesukaannya dan coba variasikan supaya tidak bosan.

3. Tambahkan Vitamin
Dokter hewan atau petshop biasanya menyarankan pemberian vitamin khusus agar kucing sehat dan pertumbuhannya optimal. Contohnya minyak ikan, bermanfaat untuk membuat kucing gemuk dan melebatkan bulu.

4. Vaksin
Vaksin bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh kucing terhadap berbagai serangan virus. Kucing yang sudah divaksin mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik.

5. Cukup minum air
Meskipun sebagian kucing malas minum, sediakan selalu air minum bersih dan selalu diganti setiap hari. Minuman yang cukup membantu metabolisme kucing tetap sehat.

6. Steril kucing
Sterilisasi membuat kucing lebih tenang, dan tentu saja mereka tidak akan berkembang biak. Kucing akan lebih fokus mengurus dirinya sendiri. Hasilnya, kucing yang sehat dan gemuk.

7. Tempatkan di ruangan berpendingin udara
Bulu kucing yang lebat membuat mereka merasa nyaman dan betah berada di ruangan yang dingin. Jika tidak ada AC, cat lover dapat menghidupkan kipas angin agar ruangan kucing cukup dingin.

8. Fokus pada kebahagiaan kucing
Kucing yang bahagia terlihat dari tubuhnya yang sehat dan gemuk. Apa saja yang membuat kucing bahagia? Berikan makanan yang cukup, ajak bermain dan sering mengelusnya. Seperti halnya anak kecil, kucing senang menjadi pusat perhatian.
Kucing yang tak diperhatikan, cenderung merasa kurang bahagia dan mudah sakit.

9. Cek kesehatan
Pastikan untuk memiliki alamat dan kontak nomer dokter hewan terdekat. Secara berkala kucing perlu untuk melakukan cek kesehatan. Pemilik kucing wajib sebaiknya memiliki anggaran khusus yang diperuntukkan bagi kesehatan kucing kesayangannya.

10. Ajak jalan-jalan
Kucing termasuk hewan yang ‘kepo’. Segala hal baru membuat mereka bersemangat. Ide mengajak mereka berjalan-jalan akan membuat mereka senang dan bersemangat. Namun, tetap perhatikan faktor keselamatan dan kenyamanan kucing. Gunakan tali ‘leash’, kenali rute perjalanan dan persiapkan semua kebutuhan selama perjalanan. (MeowMagz)

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *