kesehatan
0

Bulu Si Meong Pitak? Ternyata Ini Penyebabnya

Bulu Si Meong Pitak? Ternyata Ini Penyebabnya

Apakah cat lovers pernah melihat seekor kucing yang bulunya rontok serupa pitak di beberapa tempat? Dan biasanya ini terjadi di musim tertentu.

Sebagian kucing suka menggigit dan menarik bulu-bulunya selama musim semi atau musim panas. Akibatnya timbul pitak, beberapa bagian tubuh terlihat kehilangan bulu.

Seiring waktu bulu akan tumbuh kembali, awalnya pendek dan halus, semakin lama akan semakin panjang dan kembali lebat seperti semula.

Image : miciogatto.it

Menurut Dodman, kucing yang suka menarik bulu-bulunya menunjukkan perilaku stres. Jika hal itu terjadi terus menerus selama pergantian musim, kemungkinan kucing mengalami alergi.

Alergi kucing disebabkan oleh banyak hal, bisa karena makanan (kekurangan atau kelebihan nutrisi), lingkungan yang kurang bersih atau kucing berada di ruangan yang terlalu panas.

Kutu dan jamur juga bisa jadi penyebab bulu kucing pitak dan bila semakin parah membuat bulunya rontok dan menipis. Tindakan terbaik adalah menjaga makanan dan kebersihan si meong. Tempatkan di ruangan yang cukup sejuk saat musim panas.

Apabila pitak si meong tak kunjung sembuh, waspada jika itu pertanda adanya penyakit lain yang lebih serius. Tindakan terbaik adalah membawa kucing ke dokter hewan untuk diperiksa. Sehat selalu ya, Meongs! (MeowMagz)

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *