Berita
0

Hilang di Kebun Kosong, Rong-rong si Kucing Tripod Berhasil Diselamatkan

Hilang di Kebun Kosong, Rong-rong si Kucing Tripod Berhasil Diselamatkan

Bepergian membawa kucing memang perlu persiapan khusus, tak hanya itu, pemilik juga harus selalu siaga menjaganya. Apa saja bisa terjadi di jalan karena kucing mudah stres saat berada di lingkungan yang asing baginya.

Begitulah yang terjadi pada kucing bernama Rong-rong. Tadinya kucing tripod (tiga kaki) ini hendak dibawa kontrol ke dokter hewan pasca amputasi, namun di tengah jalan Rong-rong justru kabur dan sempat menghilang di sebuah kebun kosong. Seperti penuturan onty Yana Heksa, pemilik Rong-rong pada Meowmagz, Jum’at, 21 September 2018.

Perjalanan yang jauh dari rumah, membuat onty Yana Heksa memutuskan untuk berhenti sejenak di sebuah minimart daerah Prapen.
Onty Yana bermaksud memberi makan Rong-rong. Sepanjang jalan, Rong-rong juga telah diberi minum dan semprot alkohol supaya tidak sampai heat stroke.

“Pas buka pintu pet cargo langsung kabur, lari ke bawah truk air mineral. Masuk ke mesinnya. Lalu saya minta tolong sopir, saat kepala truk dibuka. Rong-rong lari turun dan menuju tanah kosong. Masuk melalui celah pagar besi.” tutur onty Yana.

Pagar besi yang tinggi dan digembok membuat onty Yana tak bisa mengejar Rong-rong. Onty Yana meminta tolong orang untuk memanjat dan mencari Rong-rong.

“Kondisi dalam (kebun) rimbun dengan perdu dan rumput.” jelas onty Yana.

Beberapa orang sudah mencoba membantu mencari, namun Rong-rong belum juga ketemu.

Kebun kosong dengan pagar tinggi tempat Rong-rong hilang. Foto : Yana Heksa

Akhirnya onty Yana memutuskan menghubungi 112, layanan darurat Kota Surabaya. Pengaduan onty Yana cepat direspon. Tak berapa lama, petugas segera dikirim ke lokasi.

“Sekitar 20-30 menit, mobil 112 datang. Petugas 4 orang lalu memanjat pagar dan mencari. Alhamdulillah, 10 menitan lokasi Rong-rong ketemu.” Onty Yana lalu menyiapkan pet cargo untuk penangkapan.

Rong-rong akhirnya berhasil diselamatkan.

Rong-rong, meski hanya memiliki tiga kaki dan baru saja diamputasi, ternyata menurut petugas masih sangat gesit. Bahkan salah satu petugas tangannya tembus digigit Rong-rong, padahal sudah memakai sarung tangan pengaman untuk hewan yang cukup tebal.
Semoga tidak apa-apa ya, pak … Terima kasih sudah menyelamatkan Rong-rong.

Rong-rong berhasil diselamatkan. Petugas 112 dan onty Yana. Foto : Yana Heksa

Sebagai tambahan informasi, Rong-rong adalah kucing yang ditolong oleh onty Yana dan temannya, -ongkel Wigono-,  dari daerah Kebraon, Surabaya. Saat ditemukan, kondisi Rong-rong menderita sakit yang cukup serius, lukanya terbuka dan tulang mencuat keluar.

Rong-rong. Foto : Yana Heksa

Penyebab pasti luka Rong-rong tidak diketahui, namun menurut dokter kemungkinan besar Rong-rong pernah mengalami kecelakaan berupa tabrakan hebat.

Sempat dipasang pen untuk menyambung tulang, namun karena tidak bisa diam, pen-nya patah. Terpaksa, Rong-rong harus diamputasi.

Semoga cepat sembuh, Rong-rong. Jangan nakal-nakal lagi ya … (MeowMagz)

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *