Fakta Kucing
0

Kenapa Mata Kucing Tampak Aneh dan Seram?

Kenapa Mata Kucing Tampak Aneh dan Seram?

Kucing memiliki mata yang spesial. Pupil hitamnya bisa menjadi segaris vertikal atau bulatan sempurna dalam waktu yang sangat cepat. Sekilas, terlihat mengerikan!

Kenapa mata kucing tampak aneh dan seram jika dibanding dengan hewan lainnya?

Ternyata, keistimewaan mata kucing berkaitan dengan bagimana mereka menggunakan penglihatannya. Demikian menurut sebuah penelitian.

Para ahli dari Universitas California, Berkeley, pada Juli 2015, melaporkan temuannya tentang hubungan antara aktivitas hewan dengan bentuk pupil matanya. Sebanyak 214 spesies darat dianalisis dalam penelitian ini.

Hasil penelitian mengungkap, bentuk dan ukuran pupil menentukan seberapa banyak cahaya yang ditangkap mata dan kemudian diterjemahkan otak menjadi sesuatu yang dapat dilihat.

Dilansir dari Science Art, Sabtu (30/6/2018), penelitian sebelumnya menemukan bahwa kucing dan hewan predator lain dapat menggerakkan otot mata lebih sering untuk menangkap lebih banyak cahaya.

Pupil ramping dan vertikal kucing dapat melebar dan mengecil dengan kecepatan 135 sampai 350 kali lipat lebih cepat.
Sebagai perbandingan, manusia hanya dapat melebarkan pupil sampai 15 kali lipat.

Dalam hal mengatur pupil mata ini, kucing lebih ahli dibanding manusia.

Kemampuan istimewa kucing tersebut menjadikan mereka termasuk hewan yang sangat aktif di malam hari. Kucing dapat melihat dengan jelas meski dalam kegelapan.

Pupil vertikal yang dimiliki oleh kucing, ular dan buaya membuat mereka dapat memperkirakan jarak mangsa dengan tepat.
Namun, tahukah Anda? Pupil kucing besar seperti harimau dan singa ternyata justru sama dengan manusia dan berbeda dengan mata kucing.

Menurut Martin Banks, seorang profesor optometri di Berkeley, perbedaan bentuk pupil kucing dengan barimau dipengaruhi oleh ukuran tubuh.

Singa dan harimau tidak perlu melakukan banyak trik supaya dapat fokus untuk melihat mangsanya. Tubuh mereka jauh lebih tinggi dan besar dibanding kucing sehingga tetap dapat melihat hewan buruan dengan baik. (MeowMagz)

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *