Fakta Kucing
0

Mengungkap Fakta Kucing Kidal

Mengungkap Fakta Kucing Kidal

Tahukah cat lovers? Tidak hanya manusia, ternyata kucing juga ada yang kidal lho. Dalam sebuah penelitian terungkap bahwa kucing betina lebih sering menggunakan kaki kanan untuk berjalan atau makan, sedangkan kucing jantan lebih senang menggunakan kaki kiri.

Berdasarkan penemuan tersebut ilmuwan dari Queens University di Belfast, Inggris, menduga bahwa struktur otak kucing mempengaruhi preferensi kanan atau kiri dalam aktivitasnya.

“Temuan ini semakin menunjukkan perbedaan mendasar dalam arsitektur saraf hewan jantan dan betina,” kata Deborah Wells, dikutip dari Sciencealert (23/01/2018).

Peneliti melakukan pengamatan di tempat kucing melakukan aktivitasnya selama 24 jam. Ada 24 kucing jantan dan 20 kucing betina yang dibiarkan bertingkah secara alami. Semua kucing sudah disteril, tetapi para peneliti tetap mempertimbangkan faktor hormonal dalam penelitian mereka.

Hasilnya, kucing menunjukkan preferensinya saat tertentu saja. 73 persen kucing menunjulkan kecenderungannya saat meraih makanan, 70 persen saat ingin lari dari sesuatu, dan 66 persen saaat menginjak sesuatu.

Penelitian yang terbit di Animal Behavior ini mempertimbangman kecenderungan kiri dan kanan sebagai indikator kerentanan hewan terhadap stres.

“Hewan dengan tipe preferensi kiri banyak bergantung pada belahan otak kanan untuk memproses informasi. Ciri-ciri pada hewan tipe ini adalah respon ketakutan yang berlebihan, agresif dan lebih rentan stres dibandingkan dengan hewan yang memilih preferensi kanan. Hewan ini cenderung bergantung pada belahan otak besar kucing,” kata Wells.

Sebagaimana kita ketahui, sisi otak kiri mengendalikan sisi kanan tubuh dan begitu pula sebaliknya.

Menurut Wells, hewan yang tidak memiliki preferensi kiri atau kanan, atau yang dominan preferensi kiri lebih rentan stres dibandingkan hewan yang memiliki dominasi anggota tubuh sisi kanan. (MeowMagz)

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *