Berita
0

Queen Gli, ‘Ratu’ di Hagia Sophia Turki

Queen Gli, ‘Ratu’ di Hagia Sophia Turki

Bagi cat lovers yang kebetulan sedang mengunjungi Hagia Sophia Turki, rasanya tak lengkap jika tidak bertemu dengan Queen Gli.

Ya, Gli adalah kucing yang paling terkenal di destinasi wisata bersejarah itu. Kehadirannya selalu diburu oleh wisatawan untuk berfoto selfie.

Gli merupakan kucing peranakan Eropa, berbulu pendek dan berwarna hitam tabby. Dia menjadi penghuni tetap di Hagia Sophia, lebih dari 14 tahun. Nama Gli dalam bahasa Turki memiliki arti “persatuan dalam cinta”.

Menemui fans yang datang dari berbagai penjuru dunia. Image : haber7.com

Gli diketahui lahir tahun 2004, bersama dengan dua saudaranya yang bernama Pati dan Kizim. Namun sayang, Pati kini sudah meninggal.

Wilayah teritorial Kizim berada di area terbuka Hagia Sophia. Sedangkan Gli senang berada di dalam bangunan utama.

Menemukan Gli sangatlah mudah. Jika sedang ingin berfoto dan menyapa para fans, Gli akan berdiri di dekat pondok Muezzin. Namun, ketika sudah lelah, Gli akan duduk atau berbaring cantik di lantai marmer Omphalos.

Omphalos merupakan lantai tempat para ksatria Byzantium dinobatkan. Terdapat garis yang membatasi lantai dan para turis dilarang melintasinya.

Gli menyambut tamu negara. Image : On5yirmi5.com

Bagi yang belum tahu, Gli juga memiliki akun Instagram bernama @hagiasophiacat. Gli mempunyai penggemar dari seluruh dari dunia.

“Kucing ini benar-benar suka berpose,” kata pemandu wisata Umut Bahceci yang mengelola akun media sosial Gli.

Menurut Umut, selain tempat favorit di depat pondok Muezzin, Gli memilih tempat nongkrong yang berbeda menyesuaikan musim. Di musim dingin Gli akan berdiri di dekat cahaya proyektor, altar dan mimbar dengan suhu yang hangat.

Saking terkenalnya, Gli seperti sudah menjadi maskot tempat itu. Saat PM Turki R.Tayyip Erdogan dan Barack Obama mengunjungi Hagia Sophia, ‘Her Majesty Queen Gli’ secara khusus menyambut kedatangan mereka.

Long live, Queen Gli. (MeowMagz)

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *