Fakta Kucing
0

Sejarah Kucing Menjadi Sahabat Manusia

Sejarah Kucing Menjadi Sahabat Manusia

Bukti sejarah menunjukkan persahabatan kucing dan manusia sudah terjalin sejak ribuan tahun yang lalu, bahkan mungkin sejak dimulainya peradaban manusia itu sendiri.

Timbul pertanyaan, bagaimana caranya kucing bisa terus berada disisi manusia?

Sebuah riset yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Ecology and Evolution (19/6/2017) mengungkap, manusia dan kucing bisa akrab ternyata karena mempunyai hubungan saling menguntungkan satu sama lain.

Maria Geigl, ahli genetika evolusi dari Institut Jacques Monod di Paris bersama koleganya menganalisis DNA mitokondria yang terdapat pada sampel tulang dan gigi sekitar 200 kucing purba.

Berdasarkan analisa, proses kucing bermigrasi dan berpindah dari alam liar ke lingkungan sekitar manusia terjadi dalam dua gelombang.

Gelombang pertama terjadi di Fertile Crescent, sebuah kawasan subur di Asia Barat. Sementara gelombang kedua terjadi di Mesir.

Kucing purba spesies Felis silvestris lybica diyakini lebih dulu dijinakkan di Fertile Crescent dibanding jenis lainnya. Pada awal masa pertanian atau sekitar 10.000 tahun yang lalu. Pada saat itu manusia mulai menyadari manfaat kucing untuk mengendalikan tikus.

“Manusia dan kucing sama-sama untung. Manusia merasa senang dengan berkurangnya hewan pengerat sementara kucing senang karena mendapatkan makanan,” kata Geigl.

Ketika pertanian berkembang dan manusia bermigrasi ke barat sekitar 7.000 tahun yang lalu, manusia membawa kucing ikut serta.

Kemudian kucing mulai menyebar di Afrika dan Eropa pada 1.700 SM dan meluas dengan cepat antara abad 5 hingga 13. Ilmuwan juga menemukan jejak kucing di pelabuhan Viking Laut Baltik, Jerman bagian utara.

“Saat kami melihat pola penyebaran kucing, kami sadar pola ini menceritakan tentang migrasi manusia, jalur perang, jalur dagang, dan jalur pelayaran,” kata Geigl.

“Ini pasti karena kucing sangat menarik perhatian manusia sehingga kucing bisa menyebar dengan sangat efisien,”ucapnya.

Wah, ternyata kucing sudah bersama manusia sejak jaman purba. Tak heran jika kini kucing menjadi hewan yang paling eksis di era digital. (MeowMagz)

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *