Kisah Inspiratif
0

Dongeng Nenek Kucing dan Cucu Harimau

Dongeng Nenek Kucing dan Cucu Harimau

Sebagian besar masyarakat kuno percaya kalau kucing adalah nenek dari harimau. Konon di dalam hutan pun mereka  mempunyai  komunitas dan tata cara hidup sendiri yang mirip dengan manusia. Bahkan ada yang percaya kalau harimau dan kucing itu bisa berubah wujud menjadi manusia.

Alkisah pada suatu hari sang nenek hendak pergi ke rumah penduduk di desa pinggiran hutan untuk meminta api. Dia berpesan kepada harimau untuk menjaga hutan dan saudara-saudaranya. Harimau tentu saja patuh pada perintah sang nenek.

Ketika sampai di desa, nenek kucing masuk ke dapur salah satu rumah. Tiba-tiba tercium aroma terasi yang sangat lezat di atas tungku perapian. Tak tahan sang nenek pun mencicipinya. Ternyata rasanya enak sekali! Nenek kucing jadi enggan untuk kembali ke hutan. Dia memutuskan untuk tinggal di rumah itu. Pak Tani sebagai pemilik rumah senang sekali akan kehadiran si nenek kucing. Mereka menerima nenek kucing sebagai anggota keluarga. Kucing itu dirawat sepenuh hati. Selalu disayang dan tak pernah disakiti.

Nenek kucing kemudian berkembang biak dengan cepatnya dan tetap tinggal di desa-desa bersama manusia. Untuk membalas kebaikan Pak Tani, dia membantu pak Tani menjaga rumah dan gudang makanannya dari serangan tikus. Tentu saja Pak Tani sangat berterima kasih karena tikus yang biasanya menjarah sawah, ladang dan lumbung padinya kini populasinya terkendali. Manusia dan kucing hidup berdampingan dengan bahagia.

amur_tiger_2

 

Sementara itu di hutan, sang cucu harimau dengan taatnya mematuhi perintah nenek kucing  untuk menjaga hutan dengan segala isinya. Maka sejak saat itu harimau dikenal sebagai raja hutan. Dia biasa dipanggil “Mbah Loreng”.  Adakalanya cucu harimau menengok nenek kucing di desa. Harimau tak pernah menimbulkan kekacauan ketika mengunjungi desa. Mereka tak pernah memakan ternak ataupun menakuti warga. Dalam cerita sejarahnya, tak ada cerita harimau memakan manusia tanpa sebab yang jelas. Hal ini karena manusia dan harimau sudah mengadakan perjanjian, bahwa jika harimau memangsa manusia maka harimau tersebut akan terkena kutukan.

Sekarang ini karena hutan sudah mulai menghilang, maka harimau terancam kehilangan rumahnya. Semua pihak berkewajiban menjaga kelestarian hutan. Demikian, kisah ‘cucu nenek kucing’ ini akan terus diceritakan sepanjang masa.  Harimau, sosok raja hutan yang bijaksana dan bertanggung jawab.

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.