kesehatan
1

Mengobati Diare pada Kucing

Mengobati Diare pada Kucing

Diare merupakan masalah yang umum terjadi pada kucing. Diare ditunjukkan dengan tinja yang lebih encer dan kadang berbau sangat tajam. Meskipun masalah diare ini umumnya dapat sembuh dalam waktu kurang dari satu mingggu,tapi Pawrents wajib waspada jika ternyata kucing  menderita sakit lain yang lebih berat.

Diare berat  dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu akut dan kronis. Diare yang akut terjadi secara tiba-tiba dan akan berlangsung selama dua sampai tiga minggu. Diare ini terjadi karena ketidakseimbangan osmosis atau kadar air dalam makanan kucing yang tinggi. Alasan lainnya – yang sering terjadi dan perlu diwaspadai – adalah adanya bakteri, virus atau racun dalam tubuh. Diare kronis terjadi ketika berlangsung lama dan ada darah atau lendir dalam tinja.

Ada banyak penyebab diare. Salah satunya adalah bergantinya jenis makanan yang diberikan pada kucing. Kucing tidak toleran terhadap laktosa. Pemberian susu pada kucing kecil  sering membuat mencret. Makan makanan yang mengandung racun atau obat-obatan juga  menyebabkan diare. Jika kucing mengalami diare, Pawrents dapat mencoba beberapa pengobatan alami. Beberapa ahli menyarankan memberikan probiotik seperti yogurt tawar untuk membantu bakteri baik dalam tubuh. Mengubah makanan juga bisa dicoba. Jika hendak mengganti makanan berikanlah secara bertahap.

Selama diare kucing biasanya dehidrasi. Pawrents harus memberikan air tawar untuk diminum kucing, atau berikan makanan kaleng premium yang mengandung air (wetfood).

Sebaiknya segera menghubungi dokter hewan ketika diare berlangsung lama, terutama  jika terlihat ada darah atau lendir. Apalagi jika ada tanda-tanda demam, lesu, nafsu makan berkurang serta berat badan yang turun drastis. Dokter hewan akan melakukan serangkaian test termasuk tes darah untuk memeriksa tanda-tanda infeksi parasit.

Pemilik hewan sebaiknya tidak mencoba mengobati sendiri hewan peliharaannya dengan obat-obatan manusia! Penggunaan obat yang tidak direkomendasikan ini bisa menyebabkan penyakit lain yang justru lebih berbahaya.

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 1 komentar

  • Anny Sofyan says:

    Kucing sy pernah diare dan saya coba pakai norit danalhamdulilah dalam waktu 2 hari kedepan pup-nya bisa normal kembali….

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.