Kisah Inspiratif
0

Sedekah Kepada Kucing

Sedekah Kepada Kucing

Sepasang suami istri dikaruniai seorang anak. Mereka sangat gembira dan bersyukur dengan anugerah dari Tuhan tersebut. Akan tetapi, tidak berapa lama mereka mendapatkan ujian. Tuhan berkehendak menimpakan sakit yang aneh pada anaknya. Segala macam pengobatan sudah dilakukan sebagai upaya penyembuhan. Namun tidak ada yang berhasil.

Keadaan si anak semakin memburuk. Kedua orang tuanya pun ikut sakit karena terlalu sedih memikirkan keadaan anak semata wayangnya. Ketika kondisi si anak sudah semakin mengkhawatirkan, ada seseorang yang menyarankan pasangan muda ini untuk ke dokter yang terkenal paling berpengalaman di kotanya.

Tanpa berpikir panjang, mereka membawa anak mereka ke dokter tersebut. Dokter memeriksa tubuh si anak. Kondisinya semakin parah tak berdaya, demam tinggi sekali. Dokter berkata, apabila demamnya tidak turun malam mini, kemungkinan besar dia akan meninggal esok hari.

Lemah lunglai sang suami, istrinya pun tak henti menangis. Serasa dicabut masa depan dan pengharapannya. Mereka kembali ke rumah. Untuk menenangkan diri, sang suami kemudian sholat dan berdoa, memohon diberikan jalan yang terbaik. Tiba dia teringat satu hadits nabi, “Obatilah orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah”.

Kembali orang itu bingung. Siapa yang membutuhkan sedekahnya malam larut begini? Dia berjalan keluar rumah, tanpa tahu harus kemana. Tiba-tiba di tengah jalan, dari kegelapan malam, muncul suara seekor kucing yang mengeong kelaparan.

Dia pun teringat kembali pertanyaan seorang sahabat kepada Rasulullah, “apakah berbuat baik kepada binatang ada pahalanya?”

Jawab Rasul, “Didalam setiap apa yang bernyawa ada pahalanya.”

Segera orang itu pulang ke rumah, mengambil sepotong daging kemudian memberikannya kepada kucing yang sedang kelaparan itu. Hatinya tiba-tiba dipenuhi rasa bahagia dan kembali bersemangat. Ketika dia kembali ke rumah, didapatinya istrinya berubah menjadi lebih segar dan sehat kembali. Dia keheranan.

Sang istri pun bercerita.

“Sesudah engkau pergi, aku tertidur sebentar, masih dalam keadaan duduk. Maka, aku melihat sebuah pemandangan yang menakjubkan. Dalam tidurku, aku melihat diriku mendekap anakku. Tiba-tiba, ada seekor burung hitam yang sangat besar dari langit yang terang hendak menyambar anak kita untuk mengambilnya dariku. Aku menjadi sangat ketakutan, dan tidak tahu apa yang harus aku perbuat. Tiba-tiba, muncul seekor kucing yang menyerang secara dahsyat burung itu, dan keduanya terlibat perkelahian sengit. Aku tidak melihat kucing itu lebih kuat daripada burung itu karena si burung badannya gemuk. Namun, akhirnya burung elang itu pun pergi menjauh. Aku terbangun mendengar suaramu ketika datang tadi.”

Sang suami takjub dan mengucapkan kalimat pujian. Kemudian dia menceritakan apa yang dia lakukan terhadap kucing yang kelaparan di jalan tadi. Berangsur-angsur demam anaknya turun. Esoknya sang anak sembuh dan sehat kembali.

Tak ada yang tak mungkin ketika Tuhan berkehendak. Meski dengan perantaran seekor kucing.

 

Sumber : Kisah-Kisah Teladan

Foto : OpenFotonet

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.