Kisah Inspiratif
3

BWEH, Kucing yang Doyan Jalan-Jalan

BWEH, Kucing yang Doyan Jalan-Jalan
Bweh Meikel Enjelo Orca Foto : https://www.facebook.com/rya.hyun

Bweh Meikel Enjelo Orca
Foto : https://www.facebook.com/rya.hyun

Hallo, furriends…  Apa kabar semua? MeowMagz edisi weekend kali ini akan mengajak teman-teman untuk berkenalan dengan brofurr Bweh, seekor kucing  ganteng  dari Banda Aceh.  Bagi Anda yang berada di Banda Aceh dan sekitarnya bisa jadi suatu saat akan bertemu dengan Bweh di jalan. Bweh memakai mantel tuksedo hitam putih yang macho dan elegan. Badannya kekar dan penuh otot, hasil sering olahraga dan traveling. Traveling?? Iya!

Rya Hyun, nama eomma Bweh telah berbaik hati berbagi kisah tentang Bweh kepada MeowMagz. Menurut Eomma, Bweh diadopsi pada bulan April tahun 2013, tanggal persisnya lupa. Nama lengkapnya adalah Bweh Meikel Enjelo Orca. Saat itu umur Bweh sekitar 4 atau 5 bulan. Eww,  masih masuk kategori kitten ya, Bweh?

 

11013157_1060314070661868_2955395732862763650_n

Bweh saat kecil. Foto : https://www.facebook.com/rya.hyun

 

Bweh ditemukan oleh adik Eomma di sebuah warung nasi dekat rumahnya. Waktu itu Eomma baru saja kehilangan Chatum, kucingnya yang RIP ditabrak mobil. Rupanya Tuhan langsung mengirimkan gantinya Chatum pada Eomma, tidak ada yang kebetulan. Maka resmilah Bweh jadi penghuni baru bersama dengan Shindonk, kucing  yang lain. Namun saat ini Shindonk sudah diadopsi oleh orang.

Menurut Eomma kelakuan Bweh sebenarnya sama seperti kucing lain pada umumnya. Bweh sangat menyukai makanan wet food pure tuna. Hobi jalan-jalan di taman bunga dan bersilaturahim ke rumah tetangga (numpang tidur sih). Sebagian temannya suka memanggilnya Paus, sesuai dengan namanya Orca dan motif bulunya yang mirip warna ikan paus. Bweh badannya  gendut dan kalau tidur selalu terlentang. Tapi Bweh kadang tidak suka pada kucing-kucing kecil dan senang membully-nya. Mungkin biar diakui kalau dia penguasa rumah, jadi yang lain harus hormat. Saat ini Bweh tinggal bersama tiga saudaranya :  Jiro, Bona dan Zoe.

 

Bweh senang diajak jalan-jalan.  Foto : https://www.facebook.com/rya.hyun

Bweh senang diajak jalan-jalan.
Foto : https://www.facebook.com/rya.hyun

Bwehh dan Travelingnya

Bwehh punya kebiasaan unik yang barangkali tidak semua teman kucing suka melakukannya, yaitu bepergian, baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Iya, Bweh terkenal sebagai kucing yang hobi  jalan-jalan. Bagaimana dia memulai kebiasan itu?

Pada umur sekitar 8 bulan, Bweh mulai dibawa jalan memakai motor saat mudik pulang kampung. Awalnya memang Bweh agak ketakutan, tapi lama kelaman tidak takut lagi karena sudah terbiasa. Kemudian meningkat dengan naik mobil. Mulai dari mobil pribadi, selanjutnya coba-coba naik angkutan umum minibus I-300. Selama perjalanan Bweh tidak rewel, kecuali mobilnya kepanasan. Kalau masalah mobil kepanasan manusia juga pasti rewel kok Bweh. Wajar itu…

 

Reaksi orang yang melihat Bweh di angkutan umum bermacam-macam.  Foto : https://www.facebook.com/rya.hyun

Reaksi orang yang melihat Bweh di angkutan umum bermacam-macam.
Foto : https://www.facebook.com/rya.hyun

Reaksi  Orang Melihat Bweh Jalan-Jalan

Apa reaksi orang-orang saat melihat seekor kucing hitam besar naik angkot? Menurut Eomma, Bwehh termasuk tipe kucing yang kepo, selalu ingin tahu. Banyak orang yang kaget saat berpapasan dengan Bweh, terutama ketika berhenti di lampu merah.  Rata-rata yang berteriak adalah cewek-cewek ABG, “Iiih, ada kucing!”

Atau , “Eeeh lihat, keren kali kucingnya naik mobil”. Pengendara lain juga sering kaget saat Bweh melongok keluar jendela mobil. Bahkan supir truk container sampai melongo pas dilewatin mobil yang ada Bweh didalamnya. Hahaha…

Saat melakukan perjalanan jauh ada juga yang tidak mengenakkan. Yaitu saat mobil harus singgah untuk beristirahat di suatu tempat, apalagi jika agak lama. Pasti Bweh jadi bahan uyel-uyelan orang yang lewat. Pusing pala Bweh, hehe. Rata-rata orang yang bertemu dengan Bweh menganggapnya sebagai kucing jenis mahal padahal aslinya kucing lokal. Kucing biasa asal dirawat dan diperlakukan dengan baik pasti jadi istimewa.

Beda dengan kucing lain yang pada umumnya stres dengan suasana dan lingkungan baru, nampaknya Bweh sudah terbiasa menghadapi berbagai perubahan suasana. Saat di perjalanan misalnya, kalo bosan dia hanya merubah posisi duduknya. Bergerak ketika melihat sesuatu yang menarik, Bweh selalu penasaran ingin tahu. Kucing pintar! Oiya, selama perjalanan Bweh mengenakan harness, sekedar untuk berjaga-jaga dan hanya ditaruh dipangkuan Eomma.

 

Foto : Bweh dan Eoma Rya Hyun

Foto : Bweh dan Eoma Rya Hyun

Tips dan Trik Traveling Ala Bweh

Penasaran ingin mengajak kucing Anda berjalan-jalan seperti Bweh? Berikut tips dan trik yang dibagikan Eomma Bweh.

Pertama, belajarlah mulai dari jarak yang dekat dulu, baru kemudian bertahap mengambil jarak yang lebih jauh.

Kedua, usahakan jangan dibawa sehabis makan. Bisa fatal akibatnya, yaitu pup di jalan!

Ketiga, sediakan air minum dalam botol, boleh juga dot besar, untuk diminum kucing di jalan. Apalagi jika menggunakan kendaraan umum yang panas dan gerah, kucing akan lebih cepat haus.

Keempat, saat berada didalam kendaraan, ajaklah si meong mengobrol. Dan pastikan dia selalu dalam pengawasan.

Kelima, jika menggunakan angkutan umum, usahakan yang sudah langganan dan mau menerima penumpang kaki empat.

Demikian cerita dari Bweh, kucing yang doyan jalan-jalan dari Banda Aceh. Yang mau berkenalan lebih jauh, silahkan berteman dengan eomma Rya Hyun 🙂

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 3 komentar

  • Mamahnya Choko says:

    Kucingku stiap diajak bepergian naik mobil kok ngiler2 gitu ya?kdang disertai muntah2 :'( trs mulutnya terbuka dan lidah trjulur kluar kyak anjing gitu…itu knpa ya??dan gmna cra mngatasinya?
    Trimakasih

    • Cici Mochi says:

      Sepertinya si kucing belum terbiasa, ditambah faktor cemas atau takut. Sebelum diajak jalan, perkenalkan dia terlebih dahulu dengan suasana di dalam mobil. Kemudian mulai diajak jalan jarak pendek dulu, misal keliling komplek. Meningkat ke yang lebih jauh. Kuncinya buatlah dia merasa nyaman dan aman terlebih dahulu.. Terima kasih

  • Wah, si paus orca buncit :v dari generasi kitten sampe buncit begini tetep eksis kaya oktan 😀

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.