Lifestyle
0

Tips Makan Tanpa Gangguan Kucing

Bagi Anda yang memelihara kucing di rumah, ritual makan bisa menjadi kegiatan yang penuh dengan perjuangan.  Apalagi jika kucing yang dipelihara jumlahnya banyak. Berikut tips dan trik mengatur pola makan kucing sehingga perut Anda terselamatkan dan bisa makan dengan nikmat.

  1. Biasakanah memberi makan kucing pada jam-jam yang sama

Kucing adalah makhluk yang tidak tahu hitungan waktu tapi sangat hafal jam makan dan kegiatan-kegiatan rutin harian lainnya. Jika membiasakan mereka makan – misal pada jam 07.00 pagi dan 07.00 malam – pastikanlah mereka mendapatkan makanan mereka pada jam tersebut. Keterlambatan makan membuat mereka stress dan mulai merencakanan berbagai protes dan kekacauan. Ya, kucing  cinta keteraturan dan jadwal yang tepat waktu.  Jadi jangan coba-coba membuat mereka kelaparan dan menunggu.

  1. Berikan porsi makan yang cukup

Meskipun kucing kelihatannya selalu merasa kelaparan, tapi porsi makanan yang diberikan jangan terlalu berlebihan. Jika kekenyangan, kucing akan memuntahkan makanan yang sudah ditelan. Jika kurang, dia akan terus meminta atau mencari perhatian dengan membuat keributan. Tanda kucing sudah kenyang dan puas dengan makanannya adalah segera setelah selesai makan dia akan menjilati tangan dan membersihkan mulutnya.

  1. Berikan snack atau makanan camilan pada waktu yang sama

Jika Anda memberikan snack atau camilan kucing dalam waktu-waktu yang acak, maka kucing beranggapan dan berharap setiap kali Anda membuka kulkas ada makanan yang bisa dia dapatkan. Sebaliknya, jika menaruh makanan dalam dispenser makanan yang penuh, kucing bisa mengalami  obesitas karena tidak bisa mengontrol dietnya. Obesitas tidak bagus untuk kesehatan jangka panjang kucing.

  1. Jangan menggoda kucing dengan aroma makanan manusia

Kucing tertarik dengan aroma makanan dan selalu penasaran dengan apa yang ada di atas piring. Kebiasaan pemilik kucing adalah memamerkan makanannya. Maka sebelum diberi dan menyicipinya kucing akan terus memburu, dari situ kucing mulai kenal rasa tempe, kerupuk, tahu dan sebagainya. Kemudian tentu saja setiap kali Anda makan dia akan meminta bagian. Maka lebih baik jika dari awal dibiasakan kucing hanya makan makanannya sendiri atau berikan jatahnya di piring terpisah.

  1. Makanlah di tempat yang tidak terjangkau kucing

Ini adalah cara terakhir yang paling ampuh. Tutuplah ruang makan atau bawalah makanan ke dalam kamar Anda. Kucing mungkin akan penasaran dan menunggu dari balik pintu. Tatapan nanar memohonnya tak perlu ditanggapi, asalkan Anda tahu benar dia sudah makan dan kenyang. Jika kucing dibiasakan dengan pola ini, maka dia tidak lagi terlalu mengganggu saat Anda makan.

Berikut adalah video lucu ‘Trying to Eat with Cat Around’.

Kucing dirumah Anda seperti ini? Selamat, Anda termasuk orang-orang yang sabar! Hehe..

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.